Lombok akan Punya Kilang Minyak di Bandar Kayangan

Mataram (suarantb.com) – Disebut akan menyerupai Kota Dubai, Global Hub Bandar Kayangan di Lombok Utara direncanakan akan dilengkapi kilang minyak. Dirut PT Bandar Kayangan International, Son Diamar menyatakan pihaknya bahkan telah menjaring investor untuk ini.

“Kita sudah menjaring investor baik dari Belanda dan Kroasia untuk membangun pelabuhan. Kilang minyak itu Rusia dan China,” ungkapnya saat ditemui di Mataram, Jumat, 12 Mei 2017.

Iklan

Untuk mewujudkan kilang minyak ini, diakui Sondi membutuhkan dana fantastis. Ia menyebut angka awal Rp 130 triliun untuk melengkapi kota pelabuhan ini. Dana pembangunan tidak akan menggunakan APBN maupun APBD sesuai kesepakatan pemda dengan Presiden.

“Waktu Pak Gubernur dan Pak Bupati saya antar ke Presiden janjinya adalah kami tidak ingin meggunakan APBN atau APBD. Murni swasta. Para pemilik kapal yang ingin lewat Selat Lombok ya mereka yang bangun. Kilang minyak karena mereka ingin untung dan tahu Indonesia butuh,” sahutnya.

Rencana pembangunan kilang minyak di Bandar Kayangan ini disetujui pula oleh Anggota DPR RI Dapil NTB, H. Kurtubi. Menurutnya, ini menjadi kebutuhan dunia dan Indonesia. Sebagai solusi untuk mengefisiensikan distribusi BBM untuk kawasan timur Indonesia.

“Sejak zaman Belanda sampai saat ini BBM untuk Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua dipenuhi dari kilang Balikpapan. Itu terlalu jauh jarak angkutnya, kalau pola ini diteruskan yang rugi tata kelola energi nasional yang tidak efesien. Saya sejak dulu mengusulkan pemenuhan BBM untuk Indonesia Timur harus dibangun kilang di NTB,” paparnya.

Politisi Partai Nasdem ini menambahkan seharusnya kilang minyak dekat dengan sentra konsumen. Jarak yang jauh mengakibatkan ongkos angkut ke Indonesia Timur dari Balikpapan lebih mahal. “Konsumennya di Nusa Tenggara jadi lokasi kilang harus di Nusa Tenggara. Ndak bisa lagi mengandalkan kilang yang ada di Kalimantan Timur,” tandasnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here