Lomba Perpustakaan Sekolah, SMAN 1 Praya Juara 7 Nasional

Kondisi perpustakaan SMAN 1 Praya saat tim dari Dinas Dikbud NTB meninjau perpustakaan sekolah beberapa waktu lalu. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Provinsi NTB gagal meraih hasil maksimal pada ajang lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional. Pada lomba yang digelar oleh Perpustakaan Nasional (Perpurnas), NTB yang diwakili SMAN 1 Praya Lombok Tengah berada di urutan 7 untuk kategori perpustakaan sekolah.

Sebelumnya, SMAN  1 Praya dinobatkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB sebagai juara dalam ajang lomba perpustakaan. Atas prestasi tersebut, SMAN 1 Praya berhak mewakili NTB ke ajang tingkat nasional.

Iklan

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Dr. Ir. H. Manggaukang, M.M., mengakui jika hasil yang diraih oleh NTB tidak maksimal dan jauh dari target. Perpustakaan SMAN 1 Praya yang menjadi wakil NTB hanya mampu berada di urutan ke 7. Meski demikian, Manggaukang pun bersyukur karena tidak mudah meraih hasil di urutan 7 dari 34 provinsi yang berlaga. “Masih jauh tapi lumayan masuk urutan ke 7 dari 34 provinsi,” ujarnya, Selasa, 20 Oktober 2020.

Manggaukang menuding, gagalnya SMAN 1 Praya merebut hasil maksimal karena proses penilaian dilakukan daring.Akibat Covid-19, seluruh proses penilaian dilakukan daring. Hal demikian ditengarai jadi sebab tidak maksimalnya hasil penilaian. “Ini bisa jadi berpengaruh,” ujarnya.

Lomba Perpustakaan Nasional tidak saja mengagendakan grand final untuk kategori lomba perpustakaan sekolah saja, namun juga untuk kategori lainnya yakni perpustakaan desa. Untuk kategori lomba perpustakaan desa dan kelurahan tingkat nasional, NTB patut berbangga karena Perpustakaan Desa Embung Kandong, Kabupaten Lombok Timur berhasil meraih juara III.

“Alhamdulillah mewakili gubernur mengikuti grand final pengumuman pemenang lomba perpustakaan desa kelurahan, hasilnya NTB juara 3 nasional untuk perpustakaan desa,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur, H. Sukiman Azmy, mengapresiasi hasil yang diraih Desa Embung Kandong. Apa yang telah diraih patut ditiru desa-desa lainnya di Lombok Timur.

“Selamat untuk Desa Embung Kandong, terima kasih untuk semua pihak yang berkontribusi atas keberhasilan itu. Banyak prestasi telah kita torehkan bersama, karena itu  yakinlah bahwa ikhtiar optimal dan doa tiada henti, Allah Subhanahu Wata’ala akan bukakan jalan mencapai yang kita harapkan,” jelas Sukiman. (dys)