Lomba Mural Upaya Kurangi Kawasan Kumuh

Mataram (suarantb.com) – Lomba mural yang diadakan di sepanjang pinggir Sungai Jangkok, Kelurahan Banjar merupakan salah satu upaya Pemerintah Kelurahan Banjar mendukung program Pemkot Mataram dalam rangka mewujudkan kota tanpa kumuh. Kawasan bantaran Sungai Jangkok yang biasanya identik dengan kekumuhan, melalui kegiatan ini, Kelurahan Banjar berinovasi untuk melakukan pembersihan dan merapikan kawasan sungai dengan melibatkan para pemuda.

Lomba yang digelar selama dua hari dimulai Sabtu, 8 Oktober 2016 hingga Minggu, 9 Oktober 2016 ini diikuti 24 kelompok pemuda dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Kegiatan tersebut didukung oleh Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I (BWS NT I) dan digandeng dengan kampanye ‘cuci tangan pakai sabun’, Dinas Pertamanan Kota Mataram memberikan sumbangsih berupa 10 buah ember besar untuk mendukung kegiatan tersebut. Melalui kegiatan ini komunitas Ini Baru Banjar (IBRA) selaku panitia kegiatan berupaya membangun pola pikir masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama kawasan sungai. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan aspirasi dan kreativitas para kreator-kreator muda Kelurahan Banjar.

Iklan

mural

Ketua Komunitas IBRA, Baiq Indra Ningsih mengatakan, lomba mural ini merupakan agenda tahunan Kelurahan Banjar. Dimulai sejak 2013, kegiatan ini telah dilaksanakan sebanyak tiga kali, karena di tahun ke dua yaitu 2014, kegiatan sempat tidak terlaksana. Ia mengatakan para pemuda Kelurahan Banjar sangat antusias menyambut kegiatan ini, namun panitia dari IBRA sendiri membatasi jumlah peserta yang bisa diikutkan dikarenakan keterbatasan ruang atau medium yang disediakan.

“Setelah technical meeting ada lagi yang mendaftar. Ternyata banyak peminatnya, tapi kita sudah sepakati untuk menutup pendaftaran dengan 24 kelompok peserta,” paparnya, Sabtu, 8 Oktober 2016.

Lomba mural dilaksanakan selama dua hari, serta akan dilakukan penyerahan hadiah pemenang lomba di hari terakhir, yaitu Minggu, 9 Oktober 2016 yang akan diberikan langsung oleh Wakil Walikota Mataram. Penyerahan hadiah tersebut juga digandeng dengan pengukuhan Forum Kokoq Mentaram (Forkomen) yang baru saja dibentuk, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan susur sungai Jangkok.

Indra mengatakan, Keluarahan Banjar akan berupaya untuk terus mengadakan kegiatan serupa setiap tahun. Selain untuk menjaga kebersihan dan kerapian bantaran Sungai Jangkok, diharapkan kegiatan ini juga dapat menginspirasi forum peduli sungai lainnya untuk dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang sama. (rdi)