Lolos MTQ Tingkat Nasional, Alwi Siap Berikan yang Terbaik bagi NTB

M. Alwi (tiga kanan) berhasil lolos MTQ tingkat nasional dan siap memberikan yang terbaik bagi Loteng, khususnya dan NTB umumnya.  (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) berhasil meloloskan satu qori’ terbaiknya di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional yang digelar di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, 12 hingga 22 November 2020 mendatang, yakni Muhammad Alwi, pemuda asal Dusun Bebie Balad Desa Jago Kecamatan Praya. Alwi sendiri turun di Cabang Tilawatil Qur’an tingkat remaja.

Ini untuk pertama kalinya Alwi lolos MTQ tingkat nasional setelah sebelumnya berhasil menjadi yang terbaik di gelaran MTQ tingkat Provinsi NTB, beberapa waktu lalu. Ia pun menegaskan kesiapannya untuk memberikan yang terbaik, demi mengharumkan nama NTB, khususnya Loteng yang merupakan daerah asalnya.

Menurut Alwi, keberhasilannya lolos ke tingkat nasional tidak lepas dari dukungan keluarga dan Pemkab Loteng yang telah memberikan perhatian dan pembinaan melalui LPTQ. Untuk bisa menjadi yang terbaik, dirinya terus berlatih setiap hari tanpa henti. “Dalam sehari minimal saya berlatih sebanyak 3 kali,” ucap Alwi, dalam keterangan yang diterima Suara NTB, Rabu, 18 November 2020.

Alwi saat ini tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, semester III. Ia telah mengikuti MTQ sejak masih duduk di bangku kelas 6 SD. Sebelum bisa lolos ke tingkat nasional tahun ini, dirinya sudah 4 kali menjadi perwakilan Loteng di gelaran MTQ tingkat Provinsi NTB. Dua kali di Cabang Tilawatil Qur’an di kategori anak-anak dan dua kali juga di kategori remaja.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Loteng, H. Ridwan Makruf, menegaskan Pemkab Loteng tidak main-main dalam upaya mencetak qori’ dan qori’ah terbaik. Sebagai bentuk dukunganya, Pemkab Loteng terus memberikan anggaran pembinaan melalui LPTQ. Bahkan tahun ini dukungan anggaran yang diberikan mencapai hingga Rp 3 miliar, kendati terpaksa harus dipangkas karena ada pandemi Covid-19.

Tapi paling tidak hal itu menunjukkan kalau Pemkab Loteng sangat memberikan perhatian yang besar terhadap pembinaan terhadap para qori’ dan qori’ah di daerah ini. (kir)