Logistik WSBK Gelombang Pertama Diterbangkan ke Qatar

Danrem 162/WB, Ahmad Rizal Ramdani memantau proses loading logistik WSBK Mandalika ke dalam pesawat kargo Qatar Airways jenis Boeing 777-Freighter di Terminal Kargo BIZAM Selasa (23/11) petang. (Suara NTB/Penrem 162/WB)

Praya (Suara NTB) – Proses pemulangan logistik event balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) serta World Superbike (WSBK) mulai dilakukan. Gelombang pertama logistik WSBK diterbangkan menggunakan pesawat Boeing 777F Qatar Airways, Rabu pagi kemarin, menuju Doha Qatar. Pesawat tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) sekitar pukul 03.35 Wita untuk kemudian bertolak ke Qatar sekitar 07.54 Wita, dengan membawa muatan seberat sekitar 86 ton.

‘’Pesawat pertama sudah datang dan langsung terbang kembali dengan membawa logistik WSBK,’’ ujar General Manager (GM) PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA) Nugroho Jati, Rabu, 24 November 2021.

Iklan
Pembalap dan krup WSBK mulai meninggalkan Lombok, melalui BIZAM Rabu (24/11) kemarin. (Suara NTB/Penrem 162/WB)

Adapun pesawat kedua direncanakan tiba di BIZAM pada Kamis besok (hari ini), juga jenis yang sama. Di mana nanti pesawat kedua akan mengangkut sisa logistik yang tidak bisa terangkut pada penerbangan pertama. Dengan total logistik yang akan dibawa seberat sekitar 59 ton.

Sebelumnya, jajaran TNI dan Polri turun langsung mengawal selama proses packing logistik balapan IATC dan WSBK berjalan di sirkuit internasional. Dipimpin langsung Kodim 1620/Loteng Letkol. Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP., dan Kapolres Loteng, AKBP Hery Indra Cahyono, S.IK. Pengawalan dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama proses packing logistik berjalan.

Sekaligus untuk memastikan semua logistik terjaga keamanannya. Supaya barang-barang yang akan dikirim tetap dalam keadaan utuh dari Lombok sampai ke negara tujuan. Turut serta dalam proses pengawalan dan pengecekan pejabat dari bea cukai. “Kita ingin memastikan seluruh proses packing logistik berjalan dengan aman dan lancar. Jadi kita turun langsung memantau dan mengecek proses dilapangan,” sebut Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP.

Total ada 61 box logistik milik para pembalap serta tim Dorna. Seluruh logistik tersebut diangkut menggunakan 15 unit truk trailer dengan pengawalan ketat aparat. Diangkat menuju BIZAM dan kemudian diangkut pesawat kargo, secara bertahap.

Naik 50 Persen

Sementara itu, terkait jumlah penumpang pesawat di BIZAM selama gelaran IATC dan WSBK, Nugroho Jati mengatakan, terjadi lonjakan cukup signifikan. Selama sepekan sebelum dan sesudah gelaran WSBK di sirkuit intenasional Mandalika, jumlah penumpang pesawat di BIZAM naik sekitar 50 persen dari pekan yang sama sebelumnya.

“Di pekan penyelenggaraan event WSBK (17-23 November 2021) tercatat rata-rata 5.700 orang penumpang per hari di BIZAM. Angka ini meningkat 50 persen jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang pada hari-hari sebelumnya di Bulan November 2021 yang rata-rata ada di angka 3.800 penumpang per hari,’’ sebutnya.

Pergerakan pesawat juga mengalami kenaikan sebesar 43 persen pada periode yang sama. Pada periode 1 sampai 16 November 2021, rata-rata ada 37 pergerakan pesawat per hari di BIZAM. Naik selama periode berikutnya mencapai 53 pergerakan pesawat per hari. Jumlah rata-rata harian pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat selama event WSBK ini merupakan yang tertinggi sepanjang tahun 2021 ini.

Meskipun pergerakan penumpang dan pesawat cukup tinggi, semua proses pelayanan di BIZAM berjalan dengan baik dan lancar. “Ini berkat kerja keras seluruh pihak terkait. Sehingga event internasional pertama di daerah ini bisa berjalan sukses,” tutup Jati. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional