“Lobster Estate” Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Baru Lotim

Kawasan Teluk Jukung bisa menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Kabupaten Lombok Timur (Lotim). (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Rencana Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menata kawasan perkampungan yang ada di sekitar Perairan Teluk Jukung disambut baik Dinas Pariwisata (Dispar) Lotim. Kawasan yang akan menjadi kampung lobster atau lobster estate ini diyakini akan menjadi destinasi wisata baru di Lotim.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Lotim, Dr. H. Mugni kepada Suara NTB, Kamis, 25 Maret 2021 mengatakan semua tempat yang ada di Lotim ini prinsipnya bisa menjadi destinasi wisata. Kehadiran Kampung Lobster di kawasan Teluk Jukung ini jelas akan menjadi daya tarik dan mengundang banyak wisatawan yang akan datang.

Iklan

“Bisa sekali (jadi destinasi wisata), semua tempat dan kegiatan itu bisa jadi destinasi,” terang H. Mugni. Konsep penataan yang dihajatkan KKP harapannya ke depan bisa terealisasi dengan cepat. Disamping itu, tidak saja menjadikan tempat itu sebagai kawasan budidaya lobster tingkat nasional akan tetapi juga bisa tumbuh dan berkembang kuliner-kuliner khas lobster.

“Harus ada nanti itu wisata kuliner lobster, itu nanti akan jadi daya tariknya kambung lobster,” ungkapnya. Sesuai namanya, kampung Lobster ini harus memiliki ciri khas. Selain bisa menangkap udang besar beragam jenis, harapannya tersedia juga tempat masak sendiri.

Selain itu, bisa juga dikembangkan cinderamata duplikat lobster. Guna mewujudkan rencana besar tersebut, diperlukan kalobarasi semua unsur, baik  pemerintah, masyarakat pembudidaya termasuk para praktisi pariwisata, dunia usaha/industri, akademisi dan tidak lupa media massa.

Kawasan Teluk Jukung sejauh ini sudah lama dikenal sebagai tempat penghasil lobster terbesar di Lotim. Selain kaya dengan lobster, alam teluk Jukung juga sangat indah. Berjejeran pulau-pulau kecil baik yang berpenghuni maupun tidak. Perairannya yang bersih dan tenang membuat tempat ini menjadi surga tempat budidaya dan potensial menjadi tujuan wisata menarik. (rus)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional