Lobi ke Pusat, Lobar Siapkan Tiga Lokasi untuk Perhelatan Motor Cross Dunia

0
H. L. Winengan (Suara NTB/dok)

Giri Menang (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Barat (Lobar) serius menjadi tuan rumah perhelatan MXGP atau balap motor cross kelas dunia yang akan digelar tahun ini. Kabupaten Lobar pun menawarkan kepada panitia pusat tiga lokasi yang bisa dipilih untuk menjadi tempat perhelatan ajang motor cross kelas dunia tersebut.

Ketua Panitia Lokal H. L. Winengan menjelaskan, Lobar sangat siap untuk menjadi tuan rumah perhelatan MXGP yang akan digelar tahun ini. Untuk MXGP di Lobar  itu pilihan tempatnya banyak pertama bisa di Gunung Sasak , kemudian di Sekotong, pilihan ketiga bisa di kawasan pariwisata Senggigi. “Lombok Barat sangat siap jadi tuan rumah, ada tiga pilihan lokasi yang bisa dipilih untuk kita tawarkan kepada panitia pusat,” kata Winengan saat ditemui Kamis, 13 Januari 2022.

IKLAN

Lebih rinci dijelaskan, lokasi unggulan kata Winengan, Gunung Sasak dimana gunung Sasak, adalah satu satunya gunung yang namanya sama dengan nama suku di Lombok NTB. Kedua di Sekotong dan yang ketiga di Senggigi. “Saya kira dengan kesiapan yang dimiliki Lombok Barat Insya Allah pak gubernur dengan kerendahan hatinya akan menyelenggarakan MXGP di Lombok Barat, ” ujarnya.

Menurutnya, Gubernur orang yang baik, dan memiliki pemikiran yang sangat luar biasa, terhadap kesiapan event kelas dunia. Pelaksanaan MXGP ini memang banyak yang jadi idolanya,  banyak daerah yang ingin menjadi lokasi tuan rumah.  “Tapi untuk membangkitkan semua wisata di Nusa Tenggara Barat ini perlu dipikirkan dan perlu dipertimbangkan untuk pelaksanaannya itu di Lombok Barat,” katanya.

Apalagi jika di kawasan Senggigi, hal yang harus diketahui kenapa harus dilaksanakan juga di Senggigi, karena kawan Senggigi adalah ikon pariwisata pertama Provinsi NTB, jauh sebelum ada pariwisata yang lainnya di Provinsi NTB, pariwisata Senggigi sudah lebih dulu ada dan pertama di NTB.

Dalam waktu dekat, ujarnya, sebagai panitia lokal, pihaknya akan berkunjung ke panitia pusat, akan melakukan lobi-lobi dengan pejabat yang berwenang dalam penyelenggaraan MXGP ini. “Minggu depan saya akan pergi “gentayangan” dulu ke Jakarta bertemu panitia pusat, ” ujarnya.

Kalau misalnya Gubernur NTB sudah melobi atau bertemu dengan beberapa pejabat terkait, dirinya juga akan melakukan hal yang sama, akan melakukan lobi-lobi untuk bisa bertemu dengan para petinggi di Jakarta.

Ia menambahkan, bertepatan dengan kunjungan Presiden  Joko Widodo ke sirkuit Mandalika, Winengan mengatakan,dirinya sangat mendukung tempat dan kebijakan Presiden Pak Jokowi. Apa yang dilakukan Presiden itu sangat luar biasa untuk membangkitkan semangat pariwisata.

Ia berharap Presiden bisa berkunjung datang ke Senggigi atau ke Sekotong, sebagai upaya yang membangkitkan pariwisata di Lombok Barat.

Sebelumnya Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., saat ditemui di Gili Trawangan memberikan penjelasan pada wartawan, jika pelaksanaan MXGP untuk sementara akan digelar di Pulau Sumbawa, khususnya di kawasan Samota. Bahkan, katanya, sudah ada tim yang turun ke Samota untuk memastikan lokasi pelaksanaan MXGP. (her)