Lobar Siap Jadi Tuan Rumah MXGP 2022

H. Lalu Winengan. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menawarkan diri siap menjadi tuan rumah MXGP 2022. Menyusul, Provinsi NTB ditunjuk menjadi tuan rumah “MXGP” atau Motor Cross Grand Prix, yaitu balap motocross paling elit di dunia. Secara resmi Gubernur NTB sudah mengumumkan hal ini pada November 2021 lalu, namun belum ada kepastian lokasi pelaksanaan, apakah di pulau Lombok atau Pulau Sumbawa.

Ketua  Panitia Lokal MXGP H. Lalu Winengan  mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan komunikasi  (loby) dengan panitia di tingkat pusat, agar pelaksanaan MXGP digelar di Lombok Barat. Karena Kabupaten Lombok Barat siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan MXGP. “Lombok Barat dari segi tempat dan fasilitas paling siap untuk menjadi tuan rumah MXGP,  sekarang sedang dalam pembahasan di pusat, ” kata Winengan, Jumat, 7 Januari 2022.

Iklan

Ia menyebutkan, memang beberapa waktu lalu Gubernur NTB sempat menyatakan lokasi pelaksanaan MXGP digelar di pulau Sumbawa. Namun menurutnya, dari segi fasilitas seperti hotel dan fasilitas lainnya, yang paling siap di Lombok, dan Lombok Barat tempatnya. Lombok Barat sudah menyiapkan lokasi untuk pelaksanaan motor cross kelas dunia ini, tempatnya di Gunung Sasak, Kecamatan Kuripan. ‘’ Kita hajatkan lokasinya di gunung Sasak,” tambah Winengan.

Ia memastikan, kalau digelar di Lombok, fasilitas sudah pasti lengkap,mulai dari hotel, transportasi dan fasilitas penunjang lainnya. Karena kalau mengundang beberapa negara yang akan menjadi peserta pasti butuh tempat menginap. Sekarang persediaan tempat menginap yang lengkap ada di Lombok Barat dan Lombok Tengah. “Semua daerah memang berkeinginan menjadi lokasi tuan rumah, namun Gubernur juga harus melihat kelengkapan fasilitas, jangan sampai kita paksakan tapi fasilitas tidak ada, ” tegasnya.

Untuk itu pihaknya berharap kepada Gubernur NTB agar menyetujui rencana Lombok Barat menjadi tuan rumah. “Saya rasa Gubernur setuju kalau digelar di Gunung Sasak, ” imbuhnya.  Untuk komunikasi dengan panitia pusat pihaknya bersama dengan ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTB sedang meloby ke panitia pusat juga agar dilaksanakan di Lombok Barat. “Secara kebetulan saya juga ketua panitia, jadi saya bersama ketua IMI akan melobi kepusat, agar dilaksanakan di Lombok Barat, ” tegasnya. Rencananya, pelaksanaan MXGP akan digelar pada bulan Juni. “Insha Allah Pak Gubernur akan dukung, ” ujarnya.

Kenapa dipilih Gunung Sasak, karena ada unsur nama kedaerahan yaitu Gunung Sasak, satu-satunya gunung yang memakai nama suku, yaitu Gunung Sasak. Sementara itu, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyatakan kalau Lombok Barat  siap menjadi tuan rumah MXGP. pihaknya mendukung langkah panitia lokal untuk merayu panitia pusat agar lokasi MXGP di gelar di Lombok Barat. “Saya malah yang tunjuk langsung H. Lalu Winengan menjadi ketua panitia lokal, motor cross kelas dunia ini. ” tegas Bupati. (her)

Advertisement