Lobar Genjot Operasi Yustisi Prokes hingga Tingkat Dusun

Tim Polres bersama Pemkab Llobar gencar melakukan operasi yustisi penegakan Prokes covid-19, Selasa, 16 Februari 2021.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemkab Lombok Barat (Lobar) dan TNI-Polri gencar melakukan kegiatan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (prokes) Perda NTB nomor 7 tahun 2020. Tim gabungan terdiri atas tim kecamatan, Polsek, Koramil, perangkat desa dan dusun hingga relawan yang dibentuk masyakarat.

Kabag Ops Polres Lobar, AKP Kadek Metria, S,Sos ,.S.H,.M.H., mengatakan, saat ini terjadi peningkatan intensitas kegiatan operasi. “Baik tempat, waktu, maupun frekuensi pelaksanaannya ditingkatkan, menindaklanjuti perkembangan situasi terkait angka penyebaran covid-19 akhir-akhir ini,” ungkapnya. Selain meningkatkan frekuensi kegiatan, dalam pelaksanaannya juga lebih diperketat, dengan meningkatkan pengawasan oleh masing-masing instansi. “Ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pelaksanaan dan meningkatkan kuliatas kegiatan, sehingga diharapkan berdampak pada masyarakat,” tambahnya.

Iklan

Selain melakukan penindakan, dalam setiap kegiatan Operasi Yustisi dalam Penegakan Perda NTB No. 7 Tahun 2020 ini, jajarannya juga memberikan pemahaman tentang vaksinasi kepada Masyarakat.“Dengan soliditas ini, diharapkan menjadi motivasi dalam berbagai upaya-upaya Langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lombok Barat,” katanya.

Dalam operasi ini melibatkan personel Polres Lobar, Kodim 1606 atau Koramil di masing-masing wilayah, Pol PP Lobar serta Dishub Lobar yang turut ambil bagian dalam setiap kegiatan.

Dari hasil penindakan tersebut, Kabag Ops menegaskan bahwa terlihat masih saja ada masyarakat yang mengabaikan protokol Kesehatan di Lobar. “Ini akan digenjot dan kita akan lakukan secara terus menerus, untuk memastikan dalam menerapkan protokol kesehatan ini, benar-benar tumbuh dari masyarakat itu sendiri,” tandasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan Imbangan Operasi Non Yustisi di Kecamatan Labuapi, Personel Polsek Labuapi diperkuat oleh relawan dari pemerintah desa Karang Bongkot. Kapolsek Labuapi Iptu Jahyadi Sibawaih, SH mengatakan keikutsertaan relawan ini dilakukan secara sukarela, dalam mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di Desanya. “Tujuannya memang untuk memaksimalkan upaya pencegahan yang dilakukan oleh jajaran Polsek Labuapi, melalui edukasi,” ungkapnya.

Walaupun tidak melakukan penindakan, namun menurutnya peran relawan ini sangat penting, dalam memberikan pemahaman-pemahaman terutama untuk warga Desanya. Menurutnya, jika hanya mengandalkan Bhabinkamtibmas saja tentunya memiliki keterbatasan-keterbatasan, terutama dalam jumlah personel. (her)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional