Lobar Galang Dana untuk Palestina

Warga Biletepung Desa Beleka, kecamatan Gerung, Lobar, melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu Palestina.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Umat muslim di Lombok Barat (Lobar) terpanggil untuk membantu sesama di Palestina yang kini tengah menghadapi agresi Israel. Bentuk kepedulian yang ditunjukkan oleh umat muslim di bumi Patut Patuh Patju dilakukan dengan menggalang donasi di masing-masing wilayah melalui berbagai cara. Ada yang menggalang donasi dari masjid ke masjid, ada juga yang langsung turun ke jalan-jalan.

Seperti yang dilakukan warga masyarakat di Dusun Biletepung, Desa Beleka kecamatan Gerung. Pada acara peringatan lebaran topat di masjid setempat, remaja masjid menggalang donasi dari jamaah yang hadir. Donasi yang berhasil dikumpulkan sehari sebesar Rp5 juta. Warga Biletepung yang juga anggota DPRD Lobar, Akhyar Rosyidi mengatakan masyarakat Lobar khususnya di daerah Biletepung Desa Beleka menunjukkan kepedulian terhadap Palestina dengan menggalang dana. Kepedulian ini jelas dia, berangkat dari rasa persaudaraan dan kemanusiaan.

Iklan

Terutama bagi umat Islam bukan hanya saudara seiman (sesama muslim) namun memang ada sejarah yang tak bisa dilupakan oleh warga Indonesia umumnya. Terlepas itu bagi umat Islam maupun non muslim. Pertama, Karena Palestina menjadi negara yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia. “Kita Indonesia dengan Palestina memiliki sejarah yang panjang,sejarah itu tidak boleh dilupakan di mana Palestina yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia,” ujar Sekretaris Umum DPD PKS Lobar ini. Kedua kata dia, ada masjid Al Aqsha di Palestina yang menjadi kiblat pertama bagi umat Islam.

“Tadinya, para remaja masjid ingin menggalang donasi pada momen Idul Fitri, namun akhirnya dilaksanakan pada perayaan Lebaran Topat kemarin,” jelas dia. Selain itu, melalui khutbah dan Idul Fitri disampaikan kepada jamaah agar tidak melupakan Palestina. “Inilah bentuk kepedulian kita kepada Palestina yang saat ini butuh bantuan, baik moril dan materil,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil ketua DPRD Lobar, Hj Nurul Adha, mengatakan berbagai aksi solidaritas yang dilakukan umat Islam di Lobar untuk membantu sesama di Palestina. “Alhamdulillah itu muncul dari kalangan masyarakat di Lobar,” katanya. Menurutnya mereka tergerak karena sesama umat muslim dan mempertahankan Masjidil Aqsha di Palestina. Warga masyarakat juga terpanggil karena rasa kemanusiaan.

Selain itu, warga Indonesia menentang penjajahan di atas dunia sesuai amanat dari UUD 1945 bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. “Ini Secara Politik harus disuarakan bahwa kita menentang penjajahan,” jelas dia. Ketua PKS Lobar ini menambahkan, untuk langkah PKS sendiri dari tingkat pusat (DPP) sudah melakukan berbagai upaya. Salah satunya, dialog kebangsaan dan bersurat ke Kedubes AS, supaya ditembuskan ke presiden. Dan bersama beberapa partai lain mendorong Menteri Luar Negeri untuk bersuara. “Alhamdulillah sudah disuarakan,” jelas dia. (her)

Advertisement