Lobar dan KLU Menumpang SKB CPNS di UPT BKN Mataram

Ilustrasi seleksi CPNS. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menetapkan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 mulai 1 September sampai dengan 12 Oktober 2020. Karena tak mempunyai fasilitas Computer Assisted Test (CAT), dua Pemda di NTB yaitu Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara (KLU) numpang melaksanakan SKB CPNS 2019 di UPT BKN Mataram.

‘’Lombok Barat dan KLU, dia nebeng di situ, UPT BKN Mataram. Dia nebeng di situ seluruhnya. Karena KLU dan Lombok Barat belum punya CAT,’’ ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. Muhammad Nasir dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 10 Agustus 2020.

Iklan

Sementara Kota Mataram, pelaksanaan SKB akan dilaksanakan di SMKN 3 Mataram. Khusus dua kabupaten itu (Lobar dan KLU), dia pakai fasilitas CAT di UPT BKN Mataram.

Untuk jadwal SKB masing-masing Pemda di NTB, Nasir mengatakan nantinya akan ditetapkan oleh BKN. Yang pasti, pelaksanaan SKB akan dimulai 1 September mendatang.

Terkait peserta SKB CPNS Pemprov NTB, Nasir mengatakan sampai penutupan daftar ulang sebanyak 936 orang yang melakukan pendaftaran ulang. Jumlah pelamar CPNS Pemprov NTB yang berhak ikut SKB sebanyak 942 orang.

Artinya, ada enam pelamar yang belum melakukan daftar ulang. Dari enam pelamar yang belum melakukan daftar ulang SKB, kata Nasir, satu orang sudah meninggal dunia dan satu orang mengundurkan diri. Sementara, empat orang masih terus dihubungi oleh panitia lewat telepon maupun WA.

Mengenai nasib empat orang pelamar ini, Nasir mengatakan menjadi kewenangan Panselnas. Jika Panselnas mengatakan mereka gugur, maka tidak boleh ikut SKB. Begitu juga sebaliknya.

‘’Tetap kita hubungi, tak boleh ada yang merasa dirugikan. Minggu ini finalisasi tempat seleksi. Kalau pengumuman keluar, maka itulah jumlah peserta SKB nanti,’’ tandasnya.

Nasir menambahkan, jumlah peserta SKB yang melakukan daftar ulang sebanyak 936 orang. Di mana, 812 orang memilih lokasi ujian SKB di CAT BKD NTB. Sedangkan sisanya sebanyak 124 peserta, memilih lokasi ujian di luar NTB yang tersebar di 15 provinsi di Indonesia.

Sebanyak 124 peserta SKB yang memilih lokasi ujian di luar NTB, yaitu tiga orang di Kantor Regional VI BKN Medan, 11 orang di BKN Pusat, 10 orang di UPT BKN Semarang, 29 orang di Kantor Regional II BKN Surabaya.

Kemudian, 17 orang di Kantor Regional IV BKN Makassar, satu orang di UPT BKN Padang, satu orang di Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, 10 orang di Kantor Regional III Bandung, 22 orang di Kantor Regional I BKN Yogyakarta.

Selanjutnya, 13 orang di Kantor Regional X Denpasar, satu orang di UPT BKN Pontianak, dua orang di UPT BKN Balikpapan, satu orang di UPT BKN Palu, satu orang di UPT BKN Mamuju, Satu orang di UPT BKN Ambon dan dua orang di Kantor Regional IX BKN Jayapura.

Jumlah pelamar yang berhak ikut SKB CPNS 2019 di NTB sebanyak  6.765 orang. Peserta SKB terbanyak berada di Lombok Tengah (Loteng) dan Lombok Timur (Lotim), jumlahnya di atas 1.000 orang.

Untuk Loteng, jumlah pelamar yang ikut SKB sebanyak 1.145 orang dan Lotim sebanyak 1.192 orang. Untuk Pemprov NTB sendiri, jumlah pelamar yang ikut SKB sebanyak 942 orang. Kemudian Kota Mataram 619 orang, Sumbawa 613 orang. Selanjutnya, Dompu 498 orang, Lombok Utara 479 orang,  Bima 438 orang, Lombok Barat 407 orang dan Kota Bima 183 orang. (nas)