Lobar akan Operasikan Bangunan Mangkrak

Kondisi bangunan UPTD sentra Gula Aren di Langko kecamatan Lingsar, yang mangkrak beberapa tahun terakhir. Pemkab Lobar akan segera kantor dengan menyiapkan sarana dan prasarana pendukungnya, termasuk SDM-nya.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemda Lombok Barat berupaya mengoperasikan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sentra Gula Aren yang ada di daerah Lingsar dan Gunungsari.  Salah satunya dengan menyiapkan sarana dan prasarana pendukung serta SDM yang akan mengoperasikan kantor tersbut.

Kabud Industri Kimia Argo dan Hasil Hutan (IKAHH) Dinas Perindag Lobar, Hj. Bq Laksmi Dwiarti mengatakan, dua UPTD ini ditargetkan bisa beroperasi tahun depan karena sudah dilakukan penyiapan SDM aparatur yang akan mengisi UPTD tersebut. “Sudah dilantik mutasi kemarin, dan tengah dilakukan pengadaan peralatan dan perlengkapan, mudahan bisa dioperasikan awal tahun depan,” jelas dia kemarin.

Iklan

Selain itu, pengadaan sarana prasarana produksi dilakukan tahun ini senilai Rp900 juta, masing-masing Rp500 juta dan Rp400 juta untuk dua UPTD tersebut. Pengumuman pengadaan sarana prasarana ini tengah berlangsung. Sebelumnya pengumuman pengadaan di LPSE sempat hilang akibat dampak pandemi, namun muncul kembali. Peralatan ini akan tiba awal bulan September, karena diperkirakan masa lelang sampai pengadaan butuh waktu tiga bulan.

Diakui belum beroperasinya UPT ini tidak terlalu menggangu program, karena kegiatan UPT ini bersifat khusus diperuntukkan untuk gula aren di masing-masing desa seperti  UPT Langko mencakup Narmada Lingsar sedangkan kekait melingkupi Gunungsari dan Batulayar. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here