LKS Tingkat Nasional, Lima Pelajar di Lobar Wakili NTB

Kepala SMKN 2 Gerung bersama Wakasek dan para guru pembimbing Lomba LKS Tingkat Nasional. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional dimulai tanggal 18-25 Oktober tahun 2020. Di NTB, ada beberapa sekolah yang ikut kompetisi tingkat nasional tersebut. Salah satu sekolah yang banyak mengutus peserta di NTB adalah SMKN 2 Gerung Lombok Barat (Lobar). Terdapat lima peserta yang ikut mengikuti empat mata lomba.

“Kami  (SMKN 2 Gerung) mewakili NTB di lomba LKS tingkat nasional, ikut empat mata lomba, tiga mata lomba di bidang tenaga kelistrikan,”jelas Pembimbing LKS Mata Lomba Electrical Instalation, Andi Sudrajat W, Jumat, 18 September 2020.

Iklan

Empat mata lomba tersebut, yakni Electrical Installation dengan nama peserta Indrawan. Mechatronic dengan peserta atas nama I Putu Kertiyasa dan Muhammad Faizur Rivan. AC and Refrigrator diikuti peserta atas nama Nurahman dan IT Network System Admimistration diikuti Kusuma Ningrat.

Guru Pembimbing, Andi Sudrajat mengatakan dari empat mata lomba yang diikuti tersebut sudah dilakukan persiapan masa uji coba dilaksanakan tanggal 14-S0 september. Saat ini sudah masuk hari ke empat uji coba.

Dari empat lomba ini, ada dua mata lomba yang menurut juri harus dikerjakan melalui rumah sesuai dengan tempat LKS kali ini berprestasi dari rumah, sehingga pihaknya tidak bisa berbuat banyak memindahkan lokasi. Di antara empat mata lomba ini, hampir keseluruhan mata lomba pihak sekolah sudah memiliki peralatan yang memadai dibandingkan provinsi lain. Contohnya di bidang Mekatronik, mereka peralatannya belum lengkap, karena sebelumnya persiapannya standar.

‘’Kalau di kita untuk Mekatronik hampir keseluruhan peralatan yang dibutuhkan itu kita sudah punya, dapat dari mana? Sebagan dari alokasi pengampu LKS nasional, NTB dapat alat mekatronik dihibahkan ke kita,’’ jelas dia. Selain itu pihak sekokah mendapatkan bantuan peralatan teknik pendingin dan udara.

Untuk alat elektrikal, di sekolah sudah diterapkan KNX atau peralatan listrik sistem koneksi jarak jauh, sehingga bisa mengatur bagaimana pencahayaan dan kontrol rumah menggunakan programmer. “anak-anak kami juga punya pengalaman bagaimana memprogram ini, sehingga tidak terlalu kesulitan,”jelas dia.

Ia menambahkan lomba ini nantinya akan dilakukan melalui online, sehingga perlu disiapkan matang sebelum hari H pelaksanaan lomba terkait bagaimana siswa mengkomunikasikan pekerjaan dan teknik-tekniknya. Pihak sekolah juga melakukan home visit dan mengundang siswa ke sekolah dengan penerapan protokol covid-19.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Humas, Samsuddin mengatakan SMKN 2 Gerung satu-satunya sekolah di NTB yang jumlah pesertanya paling banyak ikut lomba LKS tingkat nasional. “Walaupun berada di kaki bukit, tengah sawah, tapi prestasi nasional. Sudah banyak bukti, anak-anak kami semakin bertambah mendapatkan prestasi tingkat nasional,”ujar dia. (her)