Literasi Penggunaan Bahasa Indonesia Terus Dikejar

Seminar Bahasa yang digelar Kantor Bahasa NTB di SMAN 1 Praya dengan menghadirkan Kepala Kantor Bahasa Umi Kulsum. (Suara NTB/dys)

Praya (Suara NTB) – Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, SMAN 1 Praya menyelenggarakan kegiatan Seminar Bahasa, Sabtu, 14 November 2020.

Kegiatan dengan mengambil tema, “Membangun Literasi Tulis Bagi Siswa SMA, Harapan dan Penghormatan Terhadap Bahasa Indonesia” ini diharapkan mampu menghadirkan kecintaan siswa pada bahasa.

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai pemateri Kepala Kantor Bahasa NTB, Umi Kulsum, SS., M.Hum., memberikan semangat kepada siswa SMAN 1 Praya yang hadir agar senantiasa meningkatkan semangat literasi baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar.

Saat ini ada banyak tantangan yang dihadapi terutama terkait dengan pengarusutamaan penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa populer publik di tengah masyarakat. Ada banyak area publik saat ini tidak menggunakan bahasa Indonesia sebagai papan penunjuk jalan.

Pada kesempatan yang sama, Hartanto, SS., selaku peneliti Kantor Bahasa NTB, juga hadir memberikan materi peningkatan literasi bagi siswa SMA. Hartanto lebih menekankan kepada siswa-siswi SMAN 1 Praya agar memanfaatkan lingkungan sekitar di sekolah menjadi sarana untuk melestarikan literasi.

Kepala SMAN 1 Praya, Drs. H. M. Amrullah, MM., dalam sambutannya menyampaikan dukungan penuh dari pihak sekolah untuk kegiatan-kegiatan peningkatan literasi di sekolah, termasuk kegiatan seminar bahasa.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pengumuman dan pembagian hadiah bagi pemenang Lomba Resensi Buku yang diselenggarakan oleh Satya Literacy Club SMAN 1 Praya dalam rangka memperingati Bulan Bahasa tahun 2020. (dys)