Lintasan Balap Sirkuit Mandalika Ditutup untuk Umum

Lintasan balap Sirkuit Mandalika. Lintasan balap ini ditutup untuk umum. (Suara NTB/nas)

Praya (Suara NTB)Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) selaku penanggung jawab dan pengelola sirkuit internasional Mandalika, mengingatkan masyarakat umum tidak berkendaraan di sepanjang track lane atau lintasan balap sirkuit internasional Mandalika. Yang beberapa hari lalu selesai dikerjakan. Mengingat, jalur tersebut diperuntukan hanya untuk balapan atau keperluan yang bersifat khusus.

Imbauan tersebut disampaikan Chief Strategic and Communication MGPA Officer, Happy Harinto, saat dihubungi Suara NTB, terkait beberapa laporan soal aksi balapan liar di lintasan balap sirkuit Mandalika beberapa hari lalu, Rabu, 25 Agustus 2021. ‘’Main track lane di dalam sirkuit Mandalika sekali lagi saya sampaikan bukan untuk jalan umum,’’ tegas Happy.

Iklan

Ia menjelaskan, aspal untuk jalur balap sirkuit tersebut sudah di-treatment khusus. Dan, hanya dilintasi pada saat event balap yang sudah ditetapkan saja. Atau ketika ada pengecualian dan telah mendapat izin khusus dari pihak MGPA selaku pengelola.

Sehingga masuk ke dalam main track lane adalah dikategorikan sebagai sebuah pelanggaran. Karena area tersebut bukan wilayah umum. “Ini (jalur lintasan balap) adalah wilayah yang menjadi aset negara yang sangat kami jaga sekali. Yang saat ini sedang dipersiapkan untuk event otomotif international yang sangat dinantikan masyarakat NTB dan seluruh warga Indonesia,” ujar Wakil Ketua Umum International Road Racing Event Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini.

Pihaknya sebenarnya sudah memberikan rambu – rambu batasan mana yang bisa dan boleh dimasuki serta mana yang tidak boleh dimasuki. Di beberapa area juga sudah dipasangkan barikade track. Pihaknya pastikan kejadian masuk pemotor ke jalur track balapan sirkuit Mandalika tidak terulang. Karena sekali lagi, masuk dalam wilayah track utama sirkuit tersebut bisa dikategorikan sebuah pelanggaran serius.

Lebih lanjut, pihaknya tidak bermaksud menghalangi atau melarang masyarakat umum masuk ke area sirkuit. Karena memang konsep sirkuit Mandalika adalaha street circuit (sirkuit jalan raya). Di mana sudah ada disiapkan service road di pinggir sirkuit yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk menikmati keindahan alam kawasan The Mandalika. Tetapi bukan lintasan balapnya.

“Nantikan ketika event balapan berlangsung, baik MotoGP, WSBK atau event- event balap lainya service road tersebut baru akan ditutup. Tapi ketika tidak ada event service road tetap dibuka dan terbuka untuk masyarakat umum,” paparnya.

Kalaupun mau masuk ke lintasan balapnya silakan, asalkan tidak untuk berkendara. Hanya untuk keperluan terbatasa saja. Bisa untuk jongging, jalan santai atau sekedar bersepeda. Tapi bukan untuk saat ini. Mengingat proses pembangunan sirkuit masih berjalan. Khawatirnya kalau kemudian dibuka untuk umum, bisa mengganggu atau mungkin bisa membahayakan masyarakat. Karena sedang ada kegiatan konstruksi.

“Wisatawan dan masyarakat umum sangat boleh menggunakannya main track lane ini. Tapi untuk aktivitas bersepeda, jogging, running atau sekedar berjalan jalan menikmati indahnya alam kawasan The Mandalika. Sedangkan untuk berkendara yang menggunakan mesin dilarang melintasi.,” tandasnya. (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional