Lingkungan Karang Buaya Rawan Banjir, Warga Diminta Waspada

Mataram (suarantb.com) – Lingkungan Karang Buaya masih berpotensi tinggi mengalami banjir, sebab akses jalan belum memungkinkan dilewati alat berat untuk melakukan pengerukan saluran secara permanen di lingkungan tersebut. Penyumbatan saluran ini menjadi pemicu genangan. Meskipun bersifat sementara, namun cukup mengganggu aktivitas warga sekitar.

Untuk itu, Camat Mataram, Amran M. Amin mengimbau warga setempat untuk tetap waspada banjir. Apalagi musim penghujan di 2016 ini terjadi lebih awal.

Iklan

“Kita minta warga untuk siap-siap, apabila terjadi hal-hal seperti itu, terutama sekali segera untuk menyelamatkan jiwa,” ujarnya, Senin, 27 September 2016.

Amran mengaku, di tingkat kelurahan, pihaknya terus memantau lingkungan rawan banjir tersebut. Hingga saat ini, belum ada kejadian yang terlalu mengkhawatirkan karena curah hujan masih terbilang rendah.

“Paling-paling hanya terjadi genangan, beberapa saat sudah turun kembali,” ungkapnya.

Hanya saja, genangan yang terjadi di Lingkungan Karang Buaya tersebut cukup mengganggu warga hingga beberapa jam. Genangan ini berasal dari luapan hulu Kali Unus yang naik ke pemukiman warga.
Untuk sementara, wilayah Kecamatan Mataram mengatasi persoalan genangan ini dengan melakukan pengerukan saluran di sepanjang jalan sekitar lingkungan. Di samping itu membangun drainase di pinggir jalan dan saluran pembuangan air. Dengan upaya tersebut diharapkan mampu mengatasi genangan.

Amran juga mengakui, usaha tersebut cukup berdampak baik sebagai upaya penanggulangan sementara di lingkungan yang dianggap rawan. Menurutnya, genangan yang dialami saat ini terbilang cukup ringan jika dibandingkan dengan musim hujan sebelumnya.

“Tahun lalu kan kita bersama warga sampai berhari-hari berendam oleh genangan itu. Sekarang, alhamdulillah, tiga jam saja sudah surut,” pungkasnya. (rdi)