Limpasan Air Mulai Kikis Badan Jalan Provinsi

Kondisi terkini salah satu ruas jalan provinsi di desa Tambak Sari, kecamatan Poto Tano yang rusak karena terus digerus air saat hujan turun.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Kerusakan akibat limpasan air yang turun dari arah perbukitan pada jalan jalur dua milik Pemprov NTB di desa Tambak Sari, kecamatan Poto Tano mulai tidak bisa dihindarkan.

Pantauan media ini, Selasa, 6 April 2021, satu titik di ujung desa Tambak Sari yang selama ini memang kerap jadi jalur limpasan air hujan kondisinya semakin parah. Lapisan aspalnya mulai tumbang dan mengelupas. Sebab bagian tanah di bawah jalan telah berongga akibat digerus air.

Iklan

Rahmat seorang warga yang hari-harinya kerap berada di sekitar jalan yang rusak itu mengaku, bahwa kondisi itu sudah bermula di musim penghujan ini

“Tiap tahun memang digerus limpasan air hujan pinggirannya. Dan tahun ini yang mulai parah karena aspalnya sudah kena,” kata warga yang kebetulan ladangnya berada dekat dengan titik jalan yang rusak.

Lanjut Rahmat, saat hujan turun air dari arah pegunungan otomatis menuju titik jalan yang rusak itu. Sebab posisinya agal rendah dan terdapat cekungan seperti drainase yang memang terbentuk karena aliran air. “Kan jalan ini tidak ada drainasenya. Jadi kalau hujan air pasti menumpuk ke titik yang rusak itu,” bebernya.

Untuk menghindari agar tidak terjadi kecelakaan, rahmat mengatakan, saat hujan turun warga sekitar hanya bisa memberi tanda pada tepian jalan yang rusak. Bahkan  jika air semakin tinggi, maka pengendara diarahkan hanya memakai satu ruas jalan. “Kalau sudah banjir. Kami arahkan ke jalan sebelah. Takutnya pengendara terperosok,” tukasnya. (bug)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional