Lima Orang Bebas, 604 Napi di LP Kelas II Mataram Kuripan Peroleh Remisi

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid bersama Kadiv Administrasi kanwil Kemenkumham dan Kepala LP Kelas II A Mataram di Lobar menyerahkan SK remisi ke warga binaan. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – 604 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Mataram yang berada di daerah Kuripan Lombok Barat mendapatkan remisi (potongan masa tahanan). Dari 604 napi itu, lima orang bebas. Dari 604 orang ini, ada di antaranya napi tindak pidana khusus narkoba dan korupsi (Tipikor).

Selasa, 17 Agustus 2021, acara penyerahan remisi umum bagi narapidana dan anak dalam rangka HUT RI ke 76 yang dilakukan secara virtual dengan Menteri Hukum dan HAM itu dihadiri oleh Bupati Lobar dan jajaran Forkopimda serta Kepala LP Kelas II Mataram Ketut Akbar Herry Achjar.

Iklan

Kepala LP Kelas II Mataram Ketut Akbar Herry Achjar mengatakan penyerahan remisi secara simbolis pertama kali dihadiri Bupati Lobar. Penyerahan serentak se Indonesia dilakukan secara virtual langsung oleh Menkumham.

“Dari jumlah penghuni warga binaan 1.213 orang. Yang memenuhi persyaratan dapat remisi sebanyak 604 orang dan 5 orang bisa langsung bebas,” terangnya.

Dari 604 orang yang mendapat remisi, terdiri dari napi yang terlibat kasus bervariasi, ada pidana umum, pidana khusus narkoba dan Tipikor. Sedangkan yang lima napi bebas kasus pidana kriminal umum.

Soal kapasitas Lapas, sejauh ini sudah dua blok dengan kapasitas 600 orang. Tetapi dihuni oleh 1.213 orang. Dengan penambahan tiga blok tahun ini lapas ini akan mampu menampung 1.500 orang. Sesuai standar HAM.

Terkait usulan perubahan nama nomenklatur menjadi LP Kelas II A Lobar,SyaefurRocahim, Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham NTB mengatakan pihaknya sudah mengusulkan ke kementerian. “Kami akan koordinasi dengan nama, kami sudah usulkan,”jelasnya. Yang jelas pihaknya berupaya menambah blok lapas ini.

Sementara itu Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan pertama kali kalinya menyerahkan SK remisi dari presiden dan Menkumham. Soal pengusulan perubahan nama LP ini sudah diusulkan ke kementerian. “Sudah diusulkan, kami yang minta ke Kepala Lapas,”imbuhnya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional