Libur Nataru, Penumpang di Pelabuhan Kayangan Diprediksi Melonjak

Salah satu kapal yang sedang bersiap mengangkut penumpang dari arah Pelabuhan Kayangan menuju Poto Tano. Pada momentum Nataru mendatang, pihak ASDP menyiapkan 20 unit kapal yang siap beroperasi. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Menjelang libur natal dan tahun baru (nataru) tahun 2018. PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Kayangan saat ini sudah melakukan berbagai persiapan. Langkah itu dilakukan, karena diperkirakan jumlah penumpang baik orang maupun kendaraan akan mengalami kenaikan hingga lima persen dari tahun lalu.

Dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 20 Desember 2018, General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan, Cuk Prayitno, beberapa persiapan yang dilakukan yakni memastikan sebanyak 20 kapal yang akan dioperasi pada hari libur Nataru ini layak jalan. Baik kapal yang beroperasi dari Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Poto Tano maupun sebaliknya. Hal itu penting dilakukan untuk menjaga kenyaman dan keamanan penumpang selama dalam perjalanan.

Iklan

 “Kita sudah melakukan rapat persiapan Nataru bersama dengan instansi terkait dan perusahaan penyeberangan yang mengelola kapal lintas Kayangan-Poto Tano. Kapal yang siap beroperasi sebanyak 20 unit dengan prediksi peningkatan muatan sekitar 5 persen dari tahun lalu,” ujarnya.

Lonjakan penumpang dan kendaraan sebanyak 5 persen itu, katanya, dikarenakan banyak yang akan berlibur pulang kampung maupun berlibur untuk berwisata, baik dari arah Pulau Sumbawa maupun Pulau Lombok. Diharapkan, kondisi cuaca cukup baik, sehingga tidak ada penundaan dalam pemberangkatan penumpang baik itu dari perongan, kendaraan roda dua dan roda empat yang kemudian berdampak terhadap penumpukan di areal dermaga. (yon)