Libur Nataru, Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Lembar Diprediksi Sabtu dan Minggu

PELABUHAN - Kondisi pelayanan penyeberangan di Pelabuhan Lembar. Jumlah penumpang diprediksi melonjak, Sabtu dan Minggu ini. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Libur Natal dan tahun baru sebentar lagi tiba. Langkah persiapan untuk menghadapi hari libur panjang telah dilakukan oleh pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah Lembar dan PT ASDP. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada saat puncak yang diperkirakan terjadi Sabtu (hari ini, red), pihak terkait telah menyiapkan 35 armada kapal penyeberangan dari 38 armada yang ada.

Koordinator Satuan Pelayanan Penyeberangan BPTD Wilayah Lembar Nelson Dalo, Jumat, 21 Desember 2018, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah menghadapi libur Nataru. Dermaga yang ada, baik di Padangbai dan Lembar sudah siap. Semua dermaga, baik dermaga 1,2 dan 3 dalam kondisi baik, karena sudah selesai diperbaiki. Kalaupun nanti terajdi hambatan seperti penumpang mengalami penumpukan atau stagnan pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipasi. Jika penumpang terjadi penumpukan karena ramai, pihaknya akan melakukan langah penambahan trip kapal untuk beroperasi melayani penumpang.

Iklan

Hingga sekarang, ujarnya, kondisi penumpang jelang libur masih normal seperti hari biasa. Rata-rata penumpang dalam sehari bervariasi. Pada Kamis (20/12), jumlah penumpang yang menyeberang, baik dalam kendaraan dan pejalan kaki sebanyak 2.354 orang, kendaraan roda 2 sebanyak 322 unit, kendaraan roda empat (pribadi) 141 unit dan kendaraan truk sebanyak 410 unit. Dibandingkan Rabu lalu, jumlah penumpang mengalami kenaikan dari 2.063 orang. “Penumpang ini tidak tentu, dia naik turun,” ujarnya.

Menurut prediksinya, lonjakan pnumpang dipekrirakan terjadi Sabtu dan Minggu, karena berbarengan dengan libur anak sekolah. Pihaknya memperkirakan lonjakan penumpang pada hari libur kali ini mencapai diatas 5 persen atau sekitar di atas 3.000 orang dari kondisi normalnya. Untuk meminimalisir terjadinya keluhan penumpang, pihaknya berupaya sebaik mungkin memberikan pelayanan. Termasuk pihaknya bersama instansi terkait, baik kepolisian, KSOP, ASDP, kesehatan, Basarnas dan BMKG sudah menyiapkan posko terpadu. (her)