Libur Dua Pekan, SMKN 2 Selong Manfaatkan Pembelajaran Sistem Daring

Hasbi Ahmad. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) meliburkan siswa SMA/SMK selama dua pekan sejak tanggal 16 Maret lalu. Langkah tersebut dilakukan menyusul merebaknya virus Corona (Covid-19). Terkait kebijakan itupun, SMKN 2 Selong memanfaatkan pembelajaran sistem daring atau online antara guru dan siswa.

Kepada Suara NTB, Kamis, 19 Maret 2020, Kepala SMKN 2 Selong, Hasbi Ahmad, S.Pd,M.Pd, mengungkapkan pada dasarnya pembelajaran sistem daring ini sudah lama diterapkan di SMKN 2 Selong. Salah satunya antara guru dan siswa sudah memiliki grup WhatsApp maupun melalui email untuk mengirimkan materi pembelajaran oleh guru rumpun mata pelajaran tersebut.

Iklan

Dikatakannya, pada umumnya pembelajaran sistem daring di SMKN 2 Selong sudah lama diterapkan, hal tersebut dikarenakan pembelajaran tatap muka di sekolah tidak cukup, sehingga diimbangi antara praktik dan teori melalui pembelajaran sistem daring untuk semua mata pelajaran. “Bahkan untuk ujian semester dilakukan online, terutama yang sedang praktik lapangan,” jelasnya.

Di samping itu, pihak dari SMKN 2 Selong juga sudah menarik semua siswanya yang sedang menjalankan praktik lapangan, mulai dari jurusan perhotelan, perjalanan wisata, bisnis daring pemasaran, multimedia, dan akutansi. “Untuk yang sedang menjalankan praktik lapangan. Rata-rata sudah kita tarik sebagaimana imbauan dari gubernur dan Dinas Dikbud,” terangnya.

Selama libur dua pekan ini, ditambahkannya jika tenaga pendidikan di SMKN 2 Selong secara aktif memantau aktivitas siswanya supaya tidak dimanfaatkan untuk pergi rekreasi. Salah satu pengontrolan yang dilakukan dengan pemberian tugas, sehingga dapat diketahui keberada dari siswa itu apakah di dalam rumah atau di luar.

“Hari Sabtu (besok,red) kita akan menggelar rapat bersama seluruh wakasek dan guru untuk mengevaluasi hasil pemantauan dan pembelajaran daring selama sepekan ini,”pungkasnya. (yon)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional