Libatkan SMA/SMK, Pemprov NTB akan Tanam 1,5 Juta Pohon

Penyerahan bibit Ketapang Kencana pada perwakilan SMK. SMA dan SMK akan dlibatkan oleh Pemprov NTB dalam melakukan penghijauan di kabupaten/kota. (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – NTB Asri dan Lestari merupakan salah satu visi Gubernur NTB. Komitmen menjadikan NTB Asri dan Lestari akan dibuktikan dengan menanam 1,5 juta pohon Ketapang Kencana

Kepala Bidang Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Drs. Muhammad Yahya, M.Pd., ini mengaku rencana menanam 1,5 juta pohon Ketapang Kencana adalah untuk melaksanakan visi misi Gubernur NTB yakni NTB Asri dan Lestari.

Iklan

“Di mana beberapa hari yang lalu bersama Gubernur kami ketemu diberikan arahan,” ungkapnya, Kamis, 18 Maret 2021.

Gubernur NTB, kata Yahya, memberikan direktif untuk melakukan kerjasama dan mitra antara Dikbud dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam menghijaukan NTB.

Sementara untuk jangka pendek implementasinya adalah sama-sama melakukan penghijauan untuk daerah perkotaan yang melibatkan siswa-siswi SMA dan SMK. “Nanti akan libatkan kita di lokasi-lokasi penghijauan,” ujarnya.

Dijelaskan target penanaman pohon ialah 1,5 juta pohon Ketapang kencana di seluruh NTB yang akan melibatkan SMK sebagai tempat pembibitan dan penyemaian dalam rangka menciptakan NTB yang asri dan lestari.

Kepala  Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB Madani Mukarom, menjelaskan sesuai arahan Gubernur NTB agar penanaman pohon diutamakan pada jalan-jalan nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota dengan melibatkan siswa SMA dan SMK. “Kami harapkan SMK ini menjadi ujung tombaknya ke depan yang akan menyiapkan distribusi,” urainya.

Guna mensukseskan program itu, Pemerintah Provinsi NTB menyiapkan anggaran untuk mendukung program itu. Harapannya juga ialah lewat program tersebut sekolah bisa belajar. (dys)

Advertisement