Lembaga Penelitian Asal Inggris Tawarkan NTB Mesin Deteksi Varian Baru Corona

Nurhandini Eka Dewi (Suara NTB/dok)

SALAH satu lembaga penelitian asal Inggris menawarkan menaruh alat sekuensing untuk mendeteksi varian baru virus Corona di NTB. Mereka sudah datang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) membicarakan hal ini.

‘’Kemarin kita ditawari oleh salah satu lembaga dari Inggris, Oxford, datang ke rumah sakit. Mereka menawarkan untuk sekuensing. Cuma kemarin saya minta dengan Litbangkes Rumah Sakit ketemu,’’ ungkap Plt Direktur RSUD NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Kamis, 4 Maret 2021.

Iklan

Eka mengatakan, lembaga penelitian asal Inggris tersebut bermaksud menaruh mesin sekuensing untuk mendeteksi varian baru Corona di RSUD NTB. Konsekuensi dari ditaruhnya mesin tersebut, maka harus disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan lainnya. Sehingga pembicarannya belum selesai.

Untuk mendeteksi varian baru virus Corona B117 memang, kata Eka, mesinnya khusus. “Itu lebih banyak ke arah penelitian,” tandasnya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) NTB ini mengatakan sejak ditemukannya varian baru virus Corona di Ingggris. Semua negara di dunia termasuk Indonesia sedang berusaha agar tidak masuk ke negaranya. Begitu ditemukan adanya kasus varian baru, semua negara langsung berusaha memotong rantai penyebarannya. Agar tidak semakin meluas.

Karena varian baru Corona ini, sangat cepat penularannya. Untuk itulah, kata Eka, NTB sejak Januari lalu, mewajibkan semua Pekerja Migran (PMI) yang baru pulang dari luar negeri untuk menjalani karantina terpusat selama lima hari.

“Begitu lima hari tak ada gejala, kita rapid lagi. Itu upaya yang dilakukan mengantisipasi varian baru Corona ini. Kita sejak Januari, NTB sudah antisipasi,” terangnya.

Bagi PMI NTB yang pulang lewat Jakarta, maka mereka dikarantina di sana. Sedangkan, bagi PMI yang pulang menggunakan penerbangan langsung Kuala Lumpur – Lombok, maka langsung dikarantina di Asrama Haji NTB dan sejumlah tempat karantina terpisat yang disiapkan Pemda Kabupaten/Kota. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional