Lelang Proyek Taman Wisata Loang Baloq Dipercepat

0
Nizar Denny Cahyadi

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pariwisata Kota Mataram mempercepat proses tender proyek penataan Taman Wisata Loang Baloq (TWLB) di Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela. Dokumen perencanaan proyek senilai Rp11 miliar lebih telah diserahkan ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi mengaku surat pengajuan lelang tender perencanaan proyek TWLB telah diserahkan ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Mataram, Senin, 15 Maret 2021. Surat itu sekaligus meminta ketersediaan dari staf di BPBJ sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK). Pasalnya, pegawai di Dispar kekurangan sumber daya manusia yang memenuhi syarat untuk ditunjuk sebagai PPK. “Hari ini sudah kita ajukan surat ke BPBJ,” kata Denny.

IKLAN

Denny menargetkan proyek penataan kawasan TWLB bisa tuntas. Sesuai jadwal tender perencanaan bisa rampung tiga bulan dan dilanjutkan dengan tender proyek. Dia memprediksi di bulan Juli, proyek sudah berjalan dan selesai tepat waktu akhir Desember mendatang. “Insya Allah, akhir tahun sudah bisa selesai,” tandasnya.

Bantuan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif awalnya Rp16 miliar. Tetapi mengalami pengurangan sehingga menjadi Rp11 miliar lebih. Sesuai arahan Kemenparekraf lanjut Denny, kawasan TWLB ditata dengan 11 item pekerjaan. Di antaranya, panggung pagelaran seni, plazar, panggung air, lampu lazer, dua unit menara pemantau, penataan kamar mandi serta item lainnya.

Pembangunan panggung pertunjukan disiapkan untuk kegiatan atau event skala lokal maupun nasional. Pemanfaatan panggung itu bisa berbayar maupun gratis. Seni pertunjukan ditampilkan berupa seni gendang beleq, peresean dan kesenian lainnya. Denny mengaku, pengelolaan TWLB nantinya akan diserahkan ke kelompok sadar wisata. “Nanti kita serahkan pengelolaannya ke Pokdarwis,” ucapnya.(cem)