Lelang Proyek Tak Libatkan TP4D, SKPD Dinilai Abaikan Instruksi Bupati Lobar

Giri Menang (Suara NTB) – Pelibatan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) untuk mengawal proses lelang proyek di Lombok Barat (Lobar) masih minim. Dari 89 paket proyek yang dikerjakan tahun ini, baru dua SKPD yang melibatkan TP4D, yakni Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk proyek GOR Mini dan Dinas Kesehatan.

‘’Sedangkan puluhan paket proyek lainnya belum melibatkan TP4D,’’ ungkap Kabag Administrasi Pembangunan (AP) dan Unit Layanan Pengadaan (UL) Setda Lobar Heri Ramadan, Selasa, 2 Mei 2017.

Iklan

Heri menegaskan, ada instruksi dari Bupati Lobar H. Fauzan Khalid terhadap SKPD untuk melibatkan TP4D kejaksaan. Hanya saja sejauh ini SKPD yang masih enggan melakukan hal tersebut. Dalam hal ini, pihaknya akan mendorong agar dua proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melibatkan TP4D.

Menyikapi minimnya pelibatan TP4D ini langkah pemda bakal menggelar rapat pimpinan (rapim) dalam waktu dekat ini. Dalam rapim ini nanti akan dievaluasi semua, termasuk kepatuhan SKPD terhadap instruksi bupati terkait pelibatan TP4D. Menurutnya, instruksi ini sudah berjalan lama. Namun persoalannya SKPD kurang patuh, padahal pihaknya sudah menyampaikan dalam forum rapim di awal tahun supaya SKPD melibatkan TP4D.

Menurutnya, pelibatan TP4D ini penting supaya pengerjaan proyek tidak bermasalah. Sebab jika dari awal didampingi pihak kejaksaan, maka proyek tidak akan bermasalah di kemudian hari. Langkah tegasnya, bupati bisa melakukan teguran terhadap SKPD yang enggan melibatkan TP4D. “Nanti kita up date lagi instruksi bupati itu supaya SKPD melaksanakan,” tegasnya.

Pelibatan TP4D ini jelasnya tidak di semua proyek, namun proyek skala besar yang bernilai miliaran rupiah. Terkait proyek pembangunan kantor camat, kantor inspektorat  juga seharusnya melibatkan tim ini. Di sisi lain, jelasnya, kejaksaan juga memiliki personel terbatas sementara harus melayani semua kabupaten/kota. “Di setiap SKPD punya proyek besar harus melibatkan tim ini,” jelasnya.

Ia menambahkan realisasi tender proyek delapan paket sudah masuk pengumuman lelang. Ada lagi beberapa paket yang sudah ditandatangani surat tugas untuk panitia, tinggal dilengkapi dicek ulang persyaratan oleh panitia baru diumumkan. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here