Lelang Jabatan Dibanjiri Pendaftar

Muhammad Nasir (Suara NTB/dok)

Lelang jabatan atau seleksi terbuka sembilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB dibanjiri pendaftar. Hingga penutupan pendaftaran secara online, Rabu, 3 Maret 2021, jumlah pejabat yang mendaftar sebanyak 64 orang.

‘’Sudah 64 orang yang sudah mendaftar. Tapi besok batas akhir pengumpulan syarat administrasi. Nanti kita evaluasi, pendaftar yang menenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat,’’ kata Sekretaris Pansel Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemprov NTB, Drs. Muhammad Nasir dikonfirmasi Rabu, 3 Maret 2021.

Iklan

Ia merincikan, untuk jabatan yang paling banyak pendaftar adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebanyak 12 orang. Kemudian Biro Administrasi Pembangunan (AP) dan Biro Administrasi Perekonomian masing-masing 10 orang pendaftar.

Selanjutnya, Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah 9 pendaftar, Dinas Pertanian dan Perkebunan 7 pendaftar, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) masing-masing 5 pendaftar. Serta, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) dan RSUD NTB masing-masing 3 pendaftar.

Semua pendaftar harus menyerahkan berkas persyaratan administrasi mulai 25 Februari – 4 Maret. Kemudian, seleksi administrasi akan dilaksanakan 5 Maret.

Pansel akan mengumumkan hasil seleksi administrasi pada 8 Maret. Selanjutnya, pada 9 – 10 Maret dilaksanakan tes kompetensi manajerial/psikologi. Penulisan makalah akan dilaksanakan 12 Maret, presentasi dan wawancara pada 15 – 16 Maret.

Bagi pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat, maka berhak maju ke tahap berikutnya. “Besok kita akan bekerja keras dalam seleksi administrasi,” kata Nasir.

Nasir menegaskan semua pendaftar yang memenuhi syarat administrasi, memiliki peluang yang sama menjadi calon kepala OPD. “Makanya kita buka seleksi terbuka. Kalau ada yang jago, ngapain kita buka seleksi,” katanya.

Dalam seleksi sembilan jabatan kepala OPD ini, kata Nasir, juga akan dilakukan penelusuran rekam jejak atau track record terhadap semua calon. Masyarakat dapat memberikan masukan kepada Pansel terhadap calon-calon yang ikut seleksi.

“Masyarakat umum boleh memberikan masukan. Kita terima masukan dari masyarakat umum,” tandas Nasir. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional