Ledakan Tabung Gas, Kios di Bolonduru Terbakar

Dompu (Suara NTB) – Kios di Dusun Bolonduru Desa Wawonduru Kecamatan Woja ludes terbakar. Kebakaran diduga akibat lendakan tabung gas, Jumat, 26 Mei 2017. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 5 juta.

Salah seorang warga Fiyadin mengatakan kebakaran yang sudah menghanguskan seluruh isi kios ini berawal dari ledakan tabung gas saat pemiliknya tengah menanak nasi. “Informasi dari pemilik kios ini kebakaran itu karena ledakan tabung gas,” ujarnya menjawab Suara NTB via telefon Jumat malam.

Iklan

Ledakan tabung gas yang mengenai bensin di sekitar itu membuat kobaran api seketika membesar, terlebih membakar makanan ringan yang tergantung di dalam kios tersebut. Sementara warga yang mengetahui kejadian ini langsung berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya, tapi sulit lantaran si jago merah makin membesar setelah menghantam atap kios. Beruntung sekitar 15 menit kemudian api berhasil dipadamkan warga.

Sedangkan pemadam kebakaran yang dihubungi warga ketika itu lanjut Fiyadin, tiba di lokasi setelah kobaran api padam, mereka (pemadam) hanya membantu membersihkan sisa-sisa bangunan yang hangus terbakar. “Petugas pemadam tiba di sini setelah api dipadamkan warga, dia cuma bantu-bantu bersihkan sisa-sisa kebakaran saja,” ujarnya.

Kabid Perlindungan Masyarakat, Satuan Pol PP Kabupaten Dompu Zainudin mengaku personelnya memang terlambat tiba di TKP lantaran jarak tempuh. Kios yang terbakar itupun tergolong kecil, sehingga mudah dipadamkan masyarakat sekitar, terlebih tidak meluas ke rumah-rumah warga. Dan untuk kerugian materil akibat peristiwa ini sebut dia sekitar Rp 5 juta.

“Kios serta isinya semua hangus terbakar akibat kejadian ini tapi tidak sampai atapnya. Kerugiannya setelah kita hitung-hitung sekitar Rp 5 juta,” pungkasnya. (jun)