Layani Lima Dusun Terpencil, Pemda Gandeng TNI Bangun Pustu Plus di Puncak Aik Mual

Bupati bersama Dandim/1606 Mataram menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Pustu di Dusun Aik Mual Desa Mareje Timur kecamatan Lembar. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di daerah terpencil Dusun Aik Mual, Desa Sekotong Timur, Kecamatan Lembar, Pemda Lombok Barat bekerja sama dengan Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram, Asayama Family Club (AFC) membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus “AFC Health Center” Aik Mual. Program ini sekaligus memperingati HUT RI ke-76 dan Hari Kesehatan Nasional.

Bangunan Pustu Plus ini berdiri di atas bukit dengan pemandangan yang indah. Dan satu-satunya bangunan Pustu di NTB yang dibangun di atas bukit dengan luas tanah 375 meter persegi dan merupakan tanah hibah Yayasan Nusantara. Nantinya Pustu ini juga akan dijadikan tempat wisata karena bangunnya yang tinggi dan unik akan diberikan ukiran di setiap bangunan seperti cukli ciri khas Kabupaten Lombok Barat dan lumbung khas rumah suku Sasak. Diharapkan dengan keberadaan Pustu ini mampu melayani lima dusun yang berada di sana. Sabtu, 28 Agustus 2021, Bupati Lombok Barat (Lobar), H. Fauzan Khalid menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Pustu tersebut.

Iklan

Hadir bersama Bupati, Dandim 1606 Mataram, Kapolres Lobar diwakili Kapolsek Lembar, Founder AFC Indra Agung, Pasi Ter Kodim 1606/Mataram Lettu Inf Zainudin, Pasi Log Kodim 1606/Mataram Mayor Inf Sutarmin, Kepala Dinas PMD Lobar Hari Ramadhan, Camat Lembar Hasanudin, Danramil 04/ Gerung Kapten Inf Mujiono, Kepala Dinas Kesehatan Lobar drg. Hj. Ni Made Ambaryati, Kepala Cabang PLN Lobar, Kepala Dinas PUPR Lobar Made Arthadana, Kepala Puskesmas Eyat Mayang, Kepala Desa Mareje Timur, Kepala Dusun Aik Mual, Tokoh Agama dan Masyrakat Aik Mual.

Dandim 1606/Mataram Kolonel ARM Gunawan menjelaskan persiapan awal pembangunan Pustu sudah dilakukan. Mulai dari proses jual beli dan hibah dari perorangan dalam hal ini Kadus Aik Mual, hingga dilaksanakan peletakan batu pertama. Sesuai target dalam pengerjaannya, pembangunan Pustu ini dilaksanakan selama tiga bulan.

“Pembangunan Puskesmas Pembantu Mareje Timur yang kita laksanakan ini terjadi atas permintaan masyarakat sekitar, nantinya dengan kolaborasi antara kita TNI Polri dengan Pemerintah Daerah dan pihak swasta dalam hal ini dari Yayasan Tunas Bhakti Nusantara menargetkan 90 hari (3 Bulan) pengerjaan dengan dibantu oleh TNI Polri dan masyarakat sekitar,”jelasnya.

Dari segi geografis, masyarakat di daerah ini memang sangat membutuhkan sarana kesehatan. Karena jarak menuju Pusat Kesehatan terdekat, lima hingga sembilan kilometer. “Sehingga kita bangun Pustu ini di samping sekolah, nantinya saya harapkan semua bisa memanfaatkannya, dan juga bisa dipelihara secara keberlanjutan, sehingga bisa terus dimanfaatkan oleh seluruh warga masyarakat dalam membutuhkan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Dandim 1606/Mataram juga berpesan agar semua masyarakat bersama – sama untuk bekerjasama dalam proses pembanguan Pustu ini. Sehingga harapan pelaksanaan tiga bulan ini kegiatan berjalan lancar dan selesai tepat waktu. “Ucapan terima kasih juga kepada Yayasan Tunas Bakti Nusantara sehingga memutuskan lokasinya di tempat ini,”imbuhnya. Ia juga mengajak masyarakat untuk melawan Covid-19.

Sebagai bentuk upaya penanganan Covid-19, selain melaksanakan peletakan batu pertama, pihaknya juga meyediakan gerai vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi. “Vaksin ini merupakan upaya kita untuk menambah imun dan mencegah banyaknya penularan dari COVID-19, semoga bermanfaat bagi seluruh warga masyarakat,” pungkasnya.

Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid, mengatakan Pustu ini dibangun oleh para Alumni SMA Nusantara dan di-back up oleh Yayasan Tunas Bakti Nusantara. “Kebahagiaan hakiki adalah ketika kita mampu memberikan sesuatu yang lebih yang bertujuan untuk pengorbanan serta bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Di akhir sambutannya, Fauzan berpesan bahwa cara terbaik untuk berterima kasih adalah fasilitas ini bisa dimanfaatkan secara maksimal serta bisa menjaganya. Sementara itu dari Founder AFC Life Scince yang di wakili Lalu Abdul Rahim Tanwir berharap kedepan semua pihak bisa bekerja sama dalam percepatan pembangunan. “Masyarakat sangat mendukung sekali adanya pembangunan ini, untuk itu kita selalu berpartisipasi kedepannya dan untuk sama-sama menjaganya,”kata Tanwir. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional