Latsitarda, Memperkenalkan dan Mendidik Taruna agar Membaur dengan Masyarakat

0
Panglima TNI Republik Indonesia (RI), Jenderal, Andika Perkasa (dua dari kiri) didampingi Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah, Danjen Akademi TNI Republik Indonesia (Rai), Bakti Agus Fadjari dan Kapolda NTB, Djoko Poerwanto saat hadir di acara Ramah Tamah dan Silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat (Toma) dan Tokoh Agama  (Toga) yang digelar Polda NTB di Bharadaksa Polda NTB, Jumat, 13 Mei 2022.(Suara NTB/fan)

Mataram (Suara NTB) – Panglima TNI, Andika Perkasa hadir pada acara ramah tamah dan silaturahmi dengan tokoh masyarakat (Toma) dan tokoh agama  (Toga) yang digelar oleh Polda NTB di Bharadaksa Polda NTB, Jumat, 13 Mei 2022. Pada kesempatan itu Andika meminta Toma dan Toga untuk mendukung kegiatan Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara yang akan digelar NTB, mulai 14- Mei-14 Juni 2022.

Andika menjelaskan bahwa pihaknya telah memilih NTB, khususnya Lombok sebagai tempat latihan integrasi taruna tingkat empat. Kegiatan ini akan melibatkan ratusan peserta dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AUL), Akademi Kepolisian dan IPDN. Tujuan kegiatan tersebut memperkenalkan taruna dan mendidik agar mereka membaur dengan masyarakat.

IKLAN

Andika menjelaskan bahwa kegiatan  tersebut sangat membekas baginya. Pasalnya dirinya pernah menjalani latihan yang serupa, waktu itu ia bersama Danjen Akademi TNI, Agus Fadjari punya kesempatan  mengikuti  Latsitarda di Sumatera Utara (Sumut) 20 yang lalu, dan sekarang  kegiatan yang sama digelar di NTB.

“Kita ingin bapak-bapak menunjukan budaya di NTB, seperti kami waktu dulu bekerja.  Mudah-mudahan mereka diberi kerja keras, seperti perbaikan jalan, rehab tempat ibadah. Karena kita juga dulu bekerja sampai berjalan jauh,” jelasnya.

Andika berharap kegiatan Latsitarda di NTB lebih menantang, sehingga kegiatan ini akan membekas di memori para peserta. Dan ia juga berharap selama kegiatan  para peserta bisa mempelajari banyak hal tentang budaya daerah NTB.

Di tempat yang sama Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dalam sambutannya mengatakan dirinya sangat tersanjung atas terpilihnya NTB sebagi tempat Latsitarda tahun ini. Ia berharap kegiatan ini tetap diingat oleh peserta selama berkarir hingga menempuh kehidupan selanjutnya.

“Kami merasa tersanjung telah terpilih sebagai daerah menjadi tuan rumah yang menimba pengalaman hidup. Dan mudah-mudahan tidak akan pernah dilupakan selama mereka berkarir juga menempuh kehidupan selanjutnya. Terimakasih kepada pak Pangdam juga telah membuat persiapan acaranya semoga berlangsung lancar,” harapnya.  (fan)

IKLAN