Lapas Kuripan Diuji Coba Tampung Napi

Dwi Nastiti. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Tahap awal pembangunan Lapas Kuripan sudah selesai. Satu blok sudah dibangun. Lapas yang direncanakan berkapasitas 1.000 orang itu mulai diuji coba. Sebanyak 25 narapidana dipindahkan sementara mulai pekan depan.

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkuham NTB Dwi Nastiti menerangkan, pemindahan secara bertahap sesuai dengan daya tampung dan kesiapan Lapas Kuripan.

Iklan

“Akan ada 25 napi yang akan coba kita tempatkan di Lapas baru di Kuripan,” ujarnya, Selasa, 3 Maret 2020.

Pemindahan dalam rangka uji coba itu dimulai pekan depan. Ujicoba itu untuk mengevaluasi kekurangan Lapas Kuripan yang akan menjadi Lapas masa depan menggantikan Lapas Mataram yang kini sudah overkapasitas.

Pemindahan napi perlu perencanaan yang matang. Kesiapan Lapas Kuripan dalam menampung warga binaan pemasyarakat masih akan diuji. Seperti sarana dasar dan sarana keamanannya.

“Pengamanannya akan kita tingkatkan lagi agar tidak ada napi yang mengedarkan narkoba di dalam Lapas atau yang mencoba-coba kabur,” tegas Dwi.

Per-3 Maret 2020, Lapas Mataram dihuni 1.023 warga binaan menurut data Sistem Database Pemasyarakatan Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI. Rinciannya, 736 narapidana dan 287 tahanan. Lapas Mataram dengan daya tampung 356 orang sudah overkapasitas 187 persen. (why)