Lapas Dompu Tutup Kunjungan WBP

Lapas Kelas II B Dompu menutup kunjungan WBP untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Minggu, 29 Maret 2020. (Suara  NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Dompu, turut sigap mengantisipasi penyebaran Covid-19. Ditandai dengan penuntupan kunjungan bagi semua Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Penutupan tersebut sesuai Surat Edaran (SE) Sekjen Kemenkum HAM nomor SEK.03-OT.02.02 tahun 2020.

Kalapas Dompu, Moh Nur melalui Kasi Binadik dan Kegiatan, Murdahim, SH., dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 29 Maret 2020 menyampaikan, keputusan menutup sementara kunjungan keluarga binaan ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di area Lapas. Karena tak menutup kemungkinan virus berbahaya tersebut menular melalui barang bawaan dan sejenisnya.

Iklan

“Setelah Dirjen Pemasyarakatan mengeluarkan edaran tentang penghentian sementara layanan kunjungan, maka keluarga WBP sama sekali tidak kita izinkan berkunjung,” ungkapnya.

Mengingat batas waktu penutupan belum ditetapkan, keluarga WBP disarankan mendengar atau melihat langsung kondisi warga binaan dengan memanfaatkan telepon seluler. Selain pengunjung, Lapas pun kini tidak menerima tahanan baru atau WBP pindahan.

Menurut Murdahim, Warga binaan termasuk kelompok yang cukup rentan terpapar virus Covid-19. Dan akan sangat mudah menularkan ke seluruh penghuni karena kondisinya yang sudah over kapasitas. Untuk itu, langkah pencegahan dengan menangkal masuknya sumber penularan dari luar penting dilakukan.

“Penyemprotan disinfektan ke seluruh ruang juga sudah kita lakukan, termasuk menyediakan boks cuci tangan untuk mengurangi resiko penyebaran,” ujarnya.

Disamping warga binaan, seluruh pegawai yang ada di lingkungan pemasyarakatan tak luput dari perhatian. Hanya saja, menyangkut penerapan bekerja dari rumah sebagaimana yang sudah dilakukan instansi lain belum berani ditetapkan. Pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut dari Kemenkum HAM RI terkait persoalan ini.

“Karena belum ada arahan itu, para pegawai tetap kita ingatkan untuk mengurangi kegiatan diluar atau berkumpul yang tidak perlu. Terpenting menjaga kesehatan masing-masing,” pungkasnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional