Lantik Pengurus Kwarda Pramuka NTB, Ini Pesan Wagub dan Kak Buwas

Pelantikan Majelis Pembimbing Daerah, Pengurus dan Anggota Kwartir Daerah (Kwarda) serta Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPA) Pramuka NTB masa Bakti 2019-2024 bertempat di Gedung Graha Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur, Sabtu, 29 Februari 2020. (Suara NTB/humasntb)

Mataram (Suara NTB) – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd hadir dan memberikan arahan pada Pelantikan Majelis Pembimbing Daerah, Pengurus dan Anggota Kwartir Daerah (Kwarda) serta Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPA) Pramuka NTB masa Bakti 2019-2024. Kegiatan dilaksanakan Sabtu, 29 Februari 2020 bertempat di Gedung Graha Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur NTB.

Dalam upacara pelantikan yang dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, Wakil Gubernur NTB yang juga sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka NTB turut didampingi oleh Sekretaris Mabida, Drs. Lalu Gita Ariadi.

Iklan

Dalam sambutannya, Wagub menyambut dan mengucapkan selamat datang kepada Ketua Kwartir Nasional. “Selamat datang di NTB, pak Budi Waseso. InshaAllah beliau akan sering ke NTB karena punya keluarga juga ternyata di NTB” sambut Wagub.

Pada kesempatan tersebut Wagub juga berpesan kepada para pengurus yang baru dilantik agar senantiasa melaksanakan amanah dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini, Mabida dan Kwartir serta Lembaga Pemeriksa Keuangan Pramuka sudah dilantik. Maka sesuai dengan yang di sampaikan tadi. Janji kita, ikrar kita, tinggal ke depan kita melaksanakan dengan sebaik-baiknya” harap Wagub

Wagub yang akrab di sapa Umi Rohmi ini juga menyampaikan harapannya kepada gerakan Pramuka di NTB agar mampu berkontribusi pada pembangunan di NTB.

“Kami sangat menantikan peranan pramuka yang lebih baik ke depannya. Bersama berpartisipasi aktif dan berkontribusi nyata dalam pembangunan di NTB. Agar apa yang kita cita-citakan untuk NTB Gemilang dapat tercapai seperti yang kita harapkan. Terimakasih pramuka” tutup Wagub.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso yang akrab disapa Kak Buwas menyampaikan apresiasi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB dan ucapan selamat atas dilantiknya Fathul Gani sebagai Ketua Kwarda NTB.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wagub NTB yang juga merupakan ketua dan wakil ketua Majelis Pembimbing Daerah atas dukungannya kepada Pramuka, saya juga mengucapkan selamat kepada Kak Fathul Gani sebagai Ketua Kwarda Pramuka NTB” ucap Buwas

“Saya harapkan kepengurusan yang baru dapat memahami UU NO 12 tentang Pramuka, juga mampu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Satya dan Dharma Pramuka” tambahnya.

Buwas juga menyampaikan harapan-harapannya kepada para pengurus dan anggota yang dilantik agar mampu membawa Pramuka ke arah yang lebih baik.

“Dibawah Kepemimpinan Kak Zulkieflimansyah dan Kak Fathul Gani tentunya, kegiatan kepramukaan yang sudah bagus perlu terus dipertahankan dan dikembangkan, pramuka harus selalu memperbaharui metode pendidikan kepramukaan” harap Buwas

“Oleh karena itu setiap anggota harus belajar terus menerus, agar pendidikan non formal disenangi oleh para kaum muda” tambahnya

Diakhir sambutannya, Buwas menitipkan pesan kepada seluruh hadirin yang hadir. Ia mengharapkan kepramukaan sebagai kegiatan yang aman, nyaman dan menyenangkan. Ia juga berharap gerakan pramuka NTB lebih aktif lagi terjun ke masyarakat. “Para Pramuka di NTB, aktiflah dalam program penghijauan, ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan, kesehatan masyarakat dan lain sebagainya,” harapnya.

Turut hadir pada upacara pelantikan, para anggota Forkopimda Provinsi Nusa Tenggara Barat, para Kepala OPD lingkup Provinsi NTB, seluruh Ketua Kwarcab NTB, dan Anggota Pramuka dari berbagai sekolah di NTB. (*)