Lantik Pengurus Baru, Pemuda Muhammadiyah Mataram Dukung Pengembangan UMKM

Suasana pelantikan dan pembukaan Baitul Arqam Pemuda Muhammadiyah (PM) Kota Mataram, Sabtu, 3 Oktober 2020. (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Peran kepemudaan dalam pembangunan dinilai menjadi salah satu aspek penting untuk mencapai visi-misi Kota Mataram. Salah satunya ditunjukkan oleh organisasi Pemuda Muhammadiyah (PM) Kota Mataram dengan melantik pimpinan daerah periode 2018-2002, Sabtu, 3 Oktober 2020 di Mataram.

Pimpinan Daerah PM Kota Mataram 2018-2022, Iskandar, dalam kepengurusan kali ini PM berusaha merangkul elemen pemuda yang lebih luas. Mulai dari aktivis, praktisi dan akademisi.

Iklan

Dengan komponen tersebut, PM Kota Mataram akan memposisikan diri sebagai mitra strategis pemerintah dalam mengelaborasi dan mencari solusi dari masalah-masalah di Kota Mataram. “Kami berikhtiar berbicara tentang perekonomian. Berdsarakan riset yang kami lakukan, masalah mendasar di Kota Mataram akarnya adalah kemiskinan. Ini soal kesejahteranan. Kalau kita tidak masuk ke ranah ekonomi, kita tidak bisa meperbaiki ini” ujar Iskandar.

Untuk itu, tema Meneguhkan Semangat Kepemudaan untuk Kota Mataram Maju dan Religius dirasa tepat untuk mengikat semangat kepengurusan PM periode 2018-2022. “Posisi saat ini, kita tahu momentumnya politik dan (pandemi) Covid-19. Kalau kita tidak berkumpul menegaskan satu semangat yang sama, maka masalah yang kita hadapi saat ini sudah diselesaikan,” jelasnya.

Kedepan, pihaknya akan mengarahkan fokus utama gerakan kepemudaan Muhammadiyah kepada perbaikan UMKM di Kota Mataram. “Kita siap terlibat langsung pada pembangunan kota,” ujar Iskandar. Untuk itu, pihaknya juga mengelaborasi gagasan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam kegiatan Baitul Arqam yang digelar.

Ketua Pimpinan Daerah PM Kota Mataram 2014-2018, Chandra, menerangkan pelantikan kepengurusan baru didasari pada Surat Keputusan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah NTB Nomor 1.5/25/1442 Hijriah tentang Penetapan Personalian Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Mataram Periode 2018-2022.

Menurutnya, semangat untuk terus menyampaikan dakwah dan berperan aktif dalam menyelesaikan masalah-masalah kemasyarakatan adalah inti dari gerakan PM di Kota Mataram. Untuk itu, kaderisasi yang kuat diharapkan terbentuk dalam pengurusan yang baru.

“Banyak hal yang belum sempat kami selesaikan dan bahkan tidak memiliki waktu yang banyak untuk kami lakukan, baik di Pemuda Muhammadiyah maupun Kota Mataram pada umumnya. Tapi semangat jihad fisabilillah supaya Pemuda Muhammadiyah bisa dikenal orang banyak dan dakwah bisa tesampaikan di kalangan masyarakat,” ujar Chandra.

Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang, menerangkan PM Kota Mataram sebagai organisasi otonom di bawah binaan Muhammadiyah diharapkan dapat membantu pemerintah daerah mencapai visi misi Maju, Religius dan Berbudaya. Terutama melalui program-program yang disiapkan untuk mengakomodir semangat generasi muda.

“Besar harapan kami melalui Pemuda Muhammadiyah bisa mewujudkan kader-kader yang memiliki pemahaman ilmu makrifat dan amal ilmiah. Sehingga mampu diciptakan gagagasan-gagasan besar, khususnya di Kota Mataram,” ujarnya. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional