Lantik Komisioner KI NTB 2021 – 2025, Wagub Minta Pertahankan Predikat NTB Provinsi Informatif di Indonesia

Wagub NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah melantik dan mengambil sumpah jabatan lima komisioner KI NTB periode 2021 - 2025 di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur, Kamis, 4 Maret 2021. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., melantik dan mengambil sumpah lima Komisioner Komisi Informasi (KI) NTB  2021 – 2025. Wagub meminta Komisioner KI NTB yang baru agar mampu menjaga dan dapat mempertanahkan predikat NTB sebagai provinsi informatif di Indonesia.

“Saya mengapresiasi Komisoner KI sebelumnya yang saya pikir sudah menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan luar biasa. Karena, NTB berada di posisi terbaik dan sebagai provinsi dengan kategori informatif,” kata Wagub.

Iklan

Ia mengatakan hanya sedikit provinsi yang bisa masuk kategori informatif di Indonesia. Beberapa provinsi yang menjadi saingan NTB adalah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. “Jadi memang, mempertahankan sesuatu yang baik, kadang lebih sulit. Sehingga menjadi tantangan bagi anggota KI yang baru,” katanya.

Untuk itu, Wagub meminta Komisioner KI NTB yang baru agar betul-betul bisa menjaga momentum yang sudah baik dan harus ditingkatkan. “Sehingga kita bisa mengukuhkan diri kita sebagai provinsi yang memiliki keterbukaan informasi yang sangat baik di Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menjaga prestasi yang sudah diperoleh memang tidak mudah. Namun, dengan kerja sama yang baik  antara Pemda dengan KI NTB  mala akan  memberikan hasil yang luar biasa.

Wagub memberikan contoh, sekarang sudah banyak OPD Pemprov yang informatif. Sedangkan OPD yang tidak informatif, jumlahnya sedikit. “Itu bisa didorong KI sebelumnya. Sehingga saya yakin dengan KI yang baru, berkomunikasi dengan KI sebelumnya. Sehingga peralihan ini bagus dan terus bisa ditingkatkan ke depannya,” harapnya.

Sebanyak lima Komisioner KI NTB periode 2021 – 2025 yang dilantik, yaitu sebagai Ketua KI NTB Suaeb, S.H.I , Wakil Ketua Badrun, AM, Ketua Bidang Kelembagaan Sansuri, S.Pt, M.M, Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Drs. M. Zaini dan Ketua Bidang Evaluasi Advokasi dan Sosialisasi  Asraruddin S.A.P.

Ketua KI NTB Suaeb, S.H.I mengatakan  akan memaksimalkan apa yang telah dilakukan oleh komisioner KI sebelumnya. Karena KI NTB telah berhasil membawa NTB sebagai provinsi dengan keterbukaan informasi terbaik di Indonesia.

“Kami ke depan akan melanjutkan berbagai inovasi yang telah dilakukan KI sebelumnya seperti desa terang benderang dan sebagainya. Keterlibatan masyarakat perlu didorong untuk KI, mendapatakan informasi melalui jembatan KI dan mendapatakan informasi dengan mudah,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik)  NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos., M.H., mengatakan, bahwa berbagai tahapan seleksi telah dilalui untuk menjaring komisioner KI NTB periode 2021 – 2025. Ia berharap, terpilihnya Komisioner KI NTB yang baru dapat terus bersinergi dengan badan publik.

“Kita harapkan sinergi antara KI baru dengan OPD selaku badan publik dapat menjadi lebih baik sehingga prestasi dapat terus kita tingkatkan,” harapnya. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional