Langkah Cepat Pemda Lobar Tangani Bencana Banjir Diapresiasi

Pemda membangun tanggul sungai untuk mencegah kerusakan rumah warga dan banjir susulan di Desa Labuan Tereng.

Giri Menang (Suara NTB) – Pemda Lombok Barat (Lobar) membangun beronjong di lokasi rumah warga di Desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar yang terdampak longsor akibat tergerus arus sungai saat banjir bandang. Selain membangun beronjong, Pemda menyatakan kesiapan membangun rumah korban banjir yang rusak dampak bencana. Langkah cepat Pemda itu diapresiasi oleh kalangan Dewan.

Camat Lembar, Hasanudin mengatakan, untuk penanganan tanggul jebol dan tebing sungai yang longsor dekat rumah warga sudah dilakukan setelah bencana banjir. “Tanggul di tebing sungai yang longsor sudah dipasang menggunakan karung berisi pasir. Kemudian tanggul sungai juga sudah,” jelas dia, Rabu, 24 Februari 2021.

Iklan

Untuk pengalihan aliran sungai, sudah ada persetujuan dari warga yang dituangkan dalam berita acara. Setelah itu selesai, barulah ditangani persoalan lahan rumah warga yang rusak.

Sejauh ini sudah ada kepastian penanganan dari Pemda, dalam hal ini Disperkim, tetapi perlu dilakukan pembahasan musyawarah lagi dengan warga soal kesiapan lahan. Menurutnya, ada rumah warga yang rusak, ada sisa lahan untuk pembangunan.

Terkait dampak banjir sendiri, terdapat delapan rumah warga terdampak. Tiga di antaranya rusak berat, sedangkan sisanya terancam, kalau tidak tangani maka akan rusak.

Wakil Ketua DPRD Lobar, Hj. Nurul Adha mengatakan, penanganan yang prioritas juga adalah rumah warga yang rusak akibat banjir. Selain itu, tanggul sungai untuk penanganan banjir susulan ketika hujan turun.

Sesuai informasi dari Bupati, bahwa Pemda sudah melakukan rapat membahas penanganan. Pemda sudah menyiapkan langkah penanganan. Nurul Adha mengapresiasi langkah cepat Pemda menangani dampak banjir tersebut. “Jadi kami apresiasi langkah cepat Penanganan dari Pemda, ibu Wabup langsung turun, pak bupati dan pak gubernur,” imbuh dia. (ron)

 

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional