Lancar, Arus Balik di Pelabuhan Poto Tano 

Taliwang (Suara NTB) – Puncak arus balik pascalibur Lebaran yang yang terjadi Minggu, 19 Juli 2016, berjalan lancer di pelabuhan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Kalau pun terjadi penumpukan penumpang, hal itu sudah diantisipasi oleh Perum ASDP Poto Tano.

Manager Perum ASDP Poto Tano, Alvius D. Bago kepada Suara NTB, Minggu, 10 Juli 2016 mengatakan, meskipun terjadi peningkatan jumlah penumpang yang menyeberang dari hari biasanya, tetapi hal tersebut tidak sampai membuat arus balik tersendat. Bahkan pantauan yang dilakukan petugas di lapangan belum terjadi penumpukan penumpang yang signifikan. “Kita prediksi hari ini (kemarin) merupakan puncak arus balik. Mengingat hari pertama kerja setelah Lebaran jatuh pada hari Senin. Tetapi hasil pantauan di lapangan tidak terjadi peningkatan yang signifikan,” ungkapnya.

Iklan

Diakuinya, memang untuk penumpukan penumpang tidak akan terlalu signifikan. Hal tersebut terjadi karena rentang waktu libur yang panjang dan perbedaan hari masuk kerja dan sekolah juga berdampak. Hal tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Karena di tahun-tahun tersebut antara masuk kerja dan sekolah bersamaan. Sehingga terjadi penumpukan penumpang pada arus balik. Sementara untuk pola antisipasi meningkatnya arus balik masih dilakukan dengan pola yang sama. “Kepadatannya masih normal, sehingga polanya masih sama seperti biasa,” imbuhnya.

Disinggung mengenai peningkatan penumpang yang menyeberang, ia menyebutkan terjadi peningkatan sebesar 7 persen. Tetapi untuk berbicara hasil secara keseluruhan meningkat atau tidaknya pemudik tahun ini perlu dikalkulasi terlebih dahulu. Mulai dari H-7 sampai dengan H+7 Lebaran. Apabila hal tersebut sudah dilakukan baru diketahui secara pasti ada peningkatan atau tidaknya di mudik tahun ini (2016) dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sementara untuk jumlah kapal masih dengan pola yang sama yakni 18 kapal siap beroperasi. Sementara per harinya akan dioperasikan sembilan kapal untuk mengangkut para pemudik. (ils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here