Lama Terisolir, Akses Jalan Grenggeng – Beriri Dibuka

Ruas jalan menuju Dusun Gerenggeng dan Beriri yang berada di kawasan pegunungan sudah berhasil dibuka. Dusun ini tidak terisolir lagi. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Dusun Gerenggeng – Beriri, Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung, tak terisolir lagi. Pasalnya, akses menuju jalan tersebut sudah dibuka melalui anggaran pokok pikiran anggota DPRD NTB, Sudirsah Sujanto.

“Pembukaan jalan menuju Gerenggeng dan Beriri sudah dibuka. Dusun tersebut sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dengan nyaman tanpa kekhawatiran,” ujar Sudirsah, Senin, 4 Oktober 2021.

Iklan

Dijelaskan, pembukaan jalan dusun tersebut mengambil titik nol dari Vihara setempat atau setelah jembatan. Dengan demikian, “PR” akses menuju dusun tersebut menyisakan 100-an meter jalan rabat yang belum diperlebar serta perbaikan jembatan yang menampung beban kendaraan roda 4.

“Saya sudah minta ke Pemda Lombok Utara untuk membuat status jalan yang sudah dibuka. Supaya pengerasan jalan dengan lapen bisa lebih cepat dilakukan,” tambahnya.

Sementara, pelaksana pembukaan jalan Grenggeng, CV. Azlinda Abadi, Sabahudin, mengaku pengerjaan jalan memakan waktu hingga 1 bulan. Untuk pembukaan jalan, 30 hari itu tergolong cukup lama. “Ada beberapa kendala kami dalam proses pembukaan. Medan yang bebatuan, dan di titik punggung bukit, lebar jalan sempit, hanya cukup untuk alat berat,” ucapnya.

Sabah menyebut, akses jalan dibuka sejauh 1,7 km. Dari RAB perencanaan, dana pokir senilai Rp200 juta hanya cukup untuk membuka sejauh 1 km.

“Masih ada 700 meter lagi yang perlu dibuka untuk mencapai Kampung Beriri. Syukurnya, Pak Ketua bersedia menanggung tambahan biaya dari anggaran pribadi beliau,” sebut Sabah.

 Pihaknya ikut berharap, akses jalan selebar 6 meter itu dilanjutkan dengan pengerasan. Kendati untuk sementara, jalan sudah bisa dilalui tanpa rasa was-was oleh masyarakat setempat. Berbeda dengan sebelumnya, warga kesulitan membawa hasil bumi, pergi ke.pasar atau sekolah, karena harus melalui ruas jalan yang licin, menanjak, dan turunan curam. (ari)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional