Lahirkan Pendekar Demokrasi Lewat Lomba Cerdas Cermat Pengawasan Pemilu

Mataram (suarantb.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB menggelar lomba cerdas cermat untuk meningkatkan partisipasi pengawasan Pemilu. Lomba yang diikuti oleh tiga sekolah di Kota Mataram ini digelar di Gelanggang Pemuda, Senin, 22 Agustus 2016.

Panitia Pelaksana, Andi Nasruddin mengemukakan bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 24 Mei 2016 lalu. Kabupaten pertama yang melaksanakan ialah KSB. Selanjutnya, lomba digelar tanggal 27 Mei di Dompu dan tanggal 29-30 Mei di Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Iklan

“Sedang tanggal 29-30 Agustus mendatang dilaksanakan di Sumbawa,” ujar pria yang juga Sekjen DPD KNPI NTB ini.

Dikatakan Andi Nasrudin, target sekolah yang mengikuti lomba cerdas cermat ialah sekolah yang pernah  didatangi Bawaslu dalam kegiatan “Bawaslu go to school pengawasan pemilu partisipatif”. Namun hanya tiga sekolah yang mengkonfirmasi hadir saat technical meeting.

Sementara itu, Divisi Pengawasan  dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu NTB, Bambang Karyono, mengaku kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Bawaslu  go to school tahun 2015 lalu. Dimana dalam kegiatan itu para siswa diberikan pemahaman untuk meningkatkan partisipasi pengawasan Pemilu.

“Evaluasinya dalam bentuk cerdas cermat untuk melihat sejauhmana siswa memahami materi Bawaslu  go to school“, jelas Bambang.

Menurutnya, mentransformasikan pengawasan pemilu harus  ditanamkan sejak awal kepada para siswa yang merupakan pemilih pemula. Bambang mengingatkan lomba cerdas cermat itu bukan semata-mata mencari pemenang. Melainkan agar peserta mampu berpikir sebagai pendekar demokrasi yang akan mengawal proses Pemilu.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan siswa mampu meningkatkan wawasan terkait dengan Pemilu. Mengingat materi yang diberikan di sekolah masih minim. (ism)

  Bawaslu Rekomendasikan PSU di Delapan TPS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here