Lahan Tegalan Hasilkan Padi, Bupati Minta Budidaya Diperluas

Bupati KLU H. Djohan Sjamsu bersama jajaran forkopimda KLU panen perdana padi varietas baru. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Kendati berupa lahan tegalan dan bukan sawah, Kelompok Tani Silaq Ngiring, Dusun Sankukun Desa Segara Katon, Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara (KLU) berhasil memproduksi padi varietas baru – Sertani di wilayah dusun tersebut. Memanfaatkan momen musim hujan yang lalu, padi yang ditanami petani mampu menghasilkan produksi 2,6 ton.

Hal itu terungkap pada kegiatan panen perdana produksi padi tegalan masyarakat, Senin, 26 April 2021. Bupati KLU, H. Djohan Sjamsu, SH., beserta unsur Forkopimda yang menyaksikan, optimis dengan upaya masyarakat petani tersebut. “Melihat apa yang disaksikan, saya optimis daerah ini tepat untuk padi Sertani. Saya harap, ke depan lebih banyak petani dan lebih luas lagi lahan budidaya,” kata Djohan.

Iklan

Ia meminta, inovasi Dinas Pertanian mulai diarahkan untuk mendukung pemanfaatan areal bukan sawah. Pasalnya, lahan kering di KLU masih cukup luas dan tersebar di 5 kecamatan. “Ke depan manfaatkan lahan kering karena sawah semakin terbatas. Saya yakin akan berkembang lebih bagus apabila didampingi maksimal dengan sarana prasarana dan penyuluh pertanian,” sambungnya.

Untuk mendukung sektor pertanian secara keseluruhan, Djohan meminta kepada jajaran Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) untuk menindaklanjuti daya dukung keilmuan dan permodalan. Di mana, Universitas Mataram dan Bank NTB Syariah telah membuka akses pendampingan bagi petani. “Kadis Pertanian harus tindaklanjuti. Saya ingin agar rakyat berbisnis, dengan metode penggemukan sapi. Sekarang meminjam, 6 bulan kemudian bisa dijual,” tambahnya.

Ia juga berharap agar Bank NTB Syariah memberi kredit lunak kepada petani, dan tanpa agunan. Pihaknya siap memfasilitasi agar kelompok tani ternak yang diakses bank adalah kelompok yang bertanggungjawab. “Kita himpun kelompok-kelompok ternak yang potensial untuk diusulkan ke bank,” tandasnya. (ari)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional