Lagi, Bintara Polres Dompu Diberhentikan

Kapolres Dompu, AKBP. Syarif Hidayat, SH., S. IK saat memimpin upacara pemberhentian anggota di lapangan umum Mapolres, Sabtu, 24 Oktober 2020.(Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Kepolisian Resor (Polres) Dompu, kembali memberhentikan salah seorang personel dari kesatuan, yaitu Brigadir Ay (38). Pemecatan terpaksa diambil karena yang bersangkutan terbukti melakukan pelanggaran disiplin.

Kapolres Dompu, AKBP. Syarif Hidayat, SH., S. IK dalam upacara PTDH di Mapolres, Sabtu, 24 Oktober 2020 menjelaskan, selama menjadi anggota polri Ay telah menjalani sidang disiplin selama tujuh kali, pun sudah melalui proses pembinaan.

Iklan

Namun mengingat tak adanya perubahan sikap, prosesnya terpaksa dilanjutkan ke sidang kode etik dengan putusan akhir berupa pemberhentian tidak dengan hormat. “Keputusan ini sudah melalui mekanisme, bahkan sebelumnya telah dilakukan pembinaan. Tetapi dengan berat hati kami ambil pilihan terakhir sebagai buah dari perbuatannya,” ungkap dia.

Keputusan memberhentikan anggota yang malas atau terlibat tindak pidana, bukan kali yang pertama di lingkungan Mapolres Dompu. Tetapi sudah berulang kali.

Upaya pengarahan sekaligus pembinaan seringkali dilakukan, namun pilihan akhirnya tetap pada personel itu sendiri. Karenanya, lewat kesempatan tersebut, Syarif Hidayat mengharapkan agar ini merupakan upacara PTDH yang terakhir. “Jangan ada lagi tindakan yang menodai institusi, apalagi berbuat senonoh dan menyakiti hati masyarakat. Karena itu dapat menurunkan harkat serta martabat anggota polri,” jelasnya.

Dalam upacara penanggalan atribut anggota polri di Mapolres, Ay tak hadir. Meski begitu, PTDH tetap berjalan walaupun hanya diwakili fotonya yang dibawakan anggota.

Selain PTDH, kesepatan tersebut dirangkai penyerahan hadiah lomba penerapan protokol Covid-19 tingkat polsek di delapan kecamatan. “Hasilnya, Polsek Pekat sebagai juara, ditempat kedua ada Polsek Dompu serta Polsek Pajo urutan tiga,” pungkasnya. (Jun)