Kuota Tidak Terpenuhi, Pendaftaran Susulan Harus Lewat Analisis Dikbud

H. Aidy Furqan (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – SMA negeri yang kuota siswanya belum terpenuhi pada rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diperbolehkan membuka pendaftaran susulan. Namun pendaftaran susulan itu harus dengan persetujuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB setelah melalui analisis.

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, ketika ada SMA negeri yang kuotanya belum terpenuhi, pihaknya harus melakukan analisis terlebih dahulu. Barulah diperbolehkan membuka pendaftaran susulan atas izin Dinas Dikbud NTB. Pendaftaran susulan sampai tanggal 15 Juli 2020.

Iklan

“Kami harus analisis dulu kuota di sisi mana, misalnya kurang 10 orang atau 15 orang dari jalur afirmasi mungkin tidak lengkap bahan, dan sebagainya. Kami terima pengaduan masyarakat, kami telaah kemungkinan. Yang jelas di petunjuk teknis PPDB, kalau tidak terpenuhi kuota, diberi izin pendaftaran susulan, atas keputusan dinas,” terangnya kemarin.

Namun demikian, Aidy menegaskan, pendaftar yang direkomendasikan melakukan pendaftaran susulan adalah pendaftar yang sudah memasukkan data saat PPDB jalur zonasi dilaksanakan. “Yang direkomendasikan adalah pendaftar yang sudah memasukan data di saat PPDB, bukan pendatang baru,” tegas Aidy.

Untuk PPDB SMA, ada empat jalur yang dibuka yaitu jalur zonasi dengan kuota minimal 60 persen, jalur afirmasi dengan kuota paling banyak 20 persen, jalur perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak lima persen, dan jalur prestasi dengan kuota paling banyak 15 persen. Kuota per rombongan belajar SMA maksimal 32 orang.

Jadwal PPDB SMA yaitu pra pendaftaran jalur prestasi dan perpindahan pada tanggal 8 sampai dengan 11 Juni, pendaftaran dan verifikasi pada  15 sampai dengan 17 Juni, seleksi secara sistem pada 18 Juni, dan pengumuman pada 19 Juni. Sedangkan untuk jalur afirmasi, pendaftaran dan verifikasi sekolah dilaksanakan pada 23 sampai dengan 26 Juni, seleksi pada 27 Juni, dan pengumuman pada 28 Juni. Jalur zonasi, pendaftaran dan verifikasi pada 2 sampai 6 Juli, seleksi pada 7 Juli, dan pengumuman pada 8 Juli. (ron)

  Pra-Pendaftaran Sempat Terkendala, Sosialisasi PPDB Perlu Jadi Perhatian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here