Kuota 70 Persen Penonton Lokal

H. Yusron Hadi (Suara NTB/nas)

EVENT internasional World Superbike (WSBK) Indonesia yang digelar di Sirkuit Mandalika, 19 – 21 November mendatang diskenariokan akan dihadiri 30.000 – 40.000 penonton. Dari jumlah tersebut, sebesar 70 persen atau dua pertiga merupakan penonton lokal dari NTB, sementara 30 persen atau sepertiganya dari luar daerah.

‘’Kalau skenario jumlah penonton 30.000 – 40.000 orang. Dari total jumlah penonton, dua per tiga berasal dari dalam daerah NTB, atau penonton lokal. Sepertiganya luar daerah,’’ sebut Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, H. Yusron Hadi, S.T., M.U.M., dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 3 Oktober 2021.

Iklan

Namun, untuk kepastian jumlah penonton WSBK yang diizinkan di Sirkuit Mandalika, kata Yusron, masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat. Pemerintah Pusat sendiri menghendaki agar gelaran balap dunia tersebut dihadiri penonton, sehingga dapat memberikan dampak bagi sektor pariwisata.

Dari skenario jumlah penonton sebanyak 30.000 – 40.000 orang. Yusron mengatakan pelaku wisata NTB diharapkan mendapatkan slot atau kuota penjualan tiket sekitar 30 persen.

Sehingga, para pelaku wisata NTB dapat membundling tiket WSBK dengan paket-paket wisata ke destinasi unggulan maupun desa-desa wisata.

‘’Sepertiganya ini yang mungkin bisa dikelola oleh pelaku wisata NTB. Pelaku wisata sudah sering kita ketemu, mereka akan membuat paket-paket wisata dengan bundling tiket WSBK,’’ kata Yusron.

Hal ini sudah dibicarakan dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Namun, MGPA belum memberikan jumlah kuota atau slot penjualan tiket yang akan diberikan ke pelaku wisata. Karena belum diputuskan jumlah penonton yang diizinkan di Sirkuit Mandalika.

Dari sisi akomodasi atau kesiapan penginapan untuk penonton WSBK, Yusron mengatakan sudah sangat siap. Bahkan, pelaku perhotelan saat ini menunggu event-event besar yang akan dilaksanakan di NTB.

‘’Catatan PHRI ada 16.000 kamar hotel yang sudah disiapkan menyambut WSBK. Saya pikir, kalau pengelola hotel dan penginapan sudah siap. Bahkan menunggu kapan event ini,’’ tandasnya. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional