Kunjungi Pulau Jeju Korsel, TGB Belajar Tentang Konsep Pembangunan Hijau

Mataram (suarantb.com) – Pembangunan yang harus memperhatikan kondisi lingkungan selalu ditekankan Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi atau TGB dalam tiap sambutan atau arahannya terkait pembangunan di NTB. Untuk itu, tidak aneh jika TGB tertarik belajar banyak tentang konsep pembangunan yang mengedepankan keseimbangan lingkungan ini.

Tepatnya hari ini, Senin, 20 Maret 2017, TGB tengah berada di Pulau Jeju, Korea Selatan (Korsel) menghadiri International Green Island Forum (IGIF) 2017. Sebagai salah satu pembicara, TGB mengakui masih banyak yang harus dipelajari untuk mengimplementasikan pembangunan hijau di NTB.

Iklan

“NTB masih berada pada tahap awal implementasi konsep pembangunan hijau. Masih sangat banyak hal yang harus dipelajari dan dikembangkan. Kita harus  belajar dari Korea Selatan khususnya Jeju yang telah berhasil menerapkan konsep pembangunan hijau,” paparnya seperti yang disampaikan Kepala Biro Humas Setda Pemprov NTB, H. Yusron Hadi.

Dalam presentasinya, TGB menyampaikan bahwa pembangunan hijau tidak menghambat pertumbuhan ekonomi. Justru bisa menjadi pendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. Khususnya di NTB, dimana pembangunan hijau cocok dengan konsep pengembangan wisata halal dan pertanian.

“Mandalika, Samota dan Global Hub Kayangan akan menjadi proyek-proyek masa depan NTB yang menyandarkan diri pada konsep pembangunan hijau,” katanya.

Selain itu, sistem transportasi ramah lingkungan juga direncanakan akan dikembangkan di kawasan Tiga Gili (Trawangan, Meno, Air), Sekotong, Mandalika, Teluk Ekas, Samota, Hu’u, Sape dan Gili Banta. Usulan Geopark Rinjani dan menjadikan Tambora sebagai geopark nasional merupakan bentuk komitmen nyata pemda membangun NTB yang lebih hijau secara berkelanjutan.

Sehingga diakuinya kerjasama pembangunan hijau dengan banyak pihak ke depan sangat terbuka lebar di banyak tempat di NTB. Untuk itu, dalam kesempatan ini TGB juga mengadakan pertemuan dengan Gubernur Jeju, Won Hee Ryoung. Pertemuan itu membahas implementasi kerjasama dalam bidang pariwisata, pembangunan ramah lingkungan dan energi terbarukan.

“Pak Gubernur juga mengundang Gubernur Jeju, Won Hee Ryoung untuk hadir dalam NTB Investment Forum 2017,  yang akan diselenggarakan bulan Oktober mendatang,” kata Yusron Hadi. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here