Kunjungan Mensos di Lotim Diwarnai Aksi Protes

Mensos Tri Rismaharini di damping Bupati Lotim, H.M. Sukiman Azmy saat menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat di Desa Tetebatu Selatan, Rabu, 13 Oktober 2021.(Suara NTB/rus) 

Selong (Suara NTB) – Kunjungan menteri sosial (Mensos), Tri Rismaharini di Desa Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur (Lotim) diwarnai aksi protes aktivis. Dua aktivis ini tiba – tiba datang dan berteriak – teriak tentang adanya permainan dalam proses penyaluran bansos kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

Aksi kedua aktivis ini sempat memicu kericuhan, namun suasana segera bisa diredam setelah aparat keamanan dan mensos Risma menemui mereka. Suasana mulai kondusif setelah aparat keamanan dan mensos Risma meladeni dua aktivis. Tersulut emosi, Risma meminta aktivis tersebut menyerahkan data soal tuntutan mereka.

Iklan

Usai berdebat dengan aktivis, Mensos langsung mengecek satu persatu proses penyaluran bantuan sosial tunai dan program keluarga harapan dari kementerian sosial.

Mantan Walikota Surabaya itu kembali emosi setelah menemukan sejumlah penerima bantuan belum sepenuhnya menerima bantuan yang disalurkan kemensos. Bahkan mensos menemukan saldo nol di rekening sejumlah orang penerima bantuan.

Setelah mengecek penyaluran bantuan, mensos mengumpulkan dan menceramahi para pendamping PKH dan TKSK. Ceramah mensos kepada para pendamping sosial itu mengingatkan agar menjaga amanah. Membantu warga yang benar benar miskin. Mensos menegaskan agar para pendamping tidak memain-mainkan bantuan dan pastikan bantuan tepat sasaran. (rus)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional