Kunci Bersaing adalah Kualitas

Hj Sitti Rohmi Djalilah (Suara NTB/ist)

WAKIL Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj Sitti Rohmi Djalilah M.Pd memuji kiprah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). ‘’Kunci bersaing adalah kualitas dan kualitas entrepreneur. Binaan Iwapi ini top,’’ puji Wagub saat membuka IWAPI Trade Fair di Atrium Mall Epicentrum Mataram, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Wagub mengatakan, pameran produk UMKM Iwapi bertema ‘’Bela Beli Produk Lokal’’ adalah awal yang baik bagi UMKM khususnya NTB. Di masa pandemi, UMKM Iwapi jelas memberikan kontribusi bagi ekonomi.

Iklan

Sementara itu, Deputi Kewirausahaan dan Koperasi Kementerian Koperasi dan UMKM, Siti Azizah mengatakan, berturut turut Indonesia adalah ranking empat wisata halal, fashion muslim dan keuangan syariah.

‘’Yang belum itu produk halal sehingga kementerian pada tahun ini memberikan bantuan dan akses modal sangat besar bagi UMKM. Silakan dimanfaatkan dan mengajukan proposal melalui pemerintah daerah,’’ ujar Azizah.

Nita Yudi, Ketua Umum Iwapi mengatakan, sebagai organisasi pengusaha perempuan terbesar dan terlama sejak 46 tahun lalu, Iwapi adalah tulang punggung Kamar Dagang dan Industri. Dengan 30 ribu anggota yang 98 persennya adalah UMKM  senantiasa meningkatkan penjualan, brand, mutu dan jaringan.

Dalam komunitas global, Iwapi juga bekerja sama dan dipercaya oleh Asean Women Enterpreneurship sebagai  ketua. Dalam pengembangan pemasaran digital Iwapi telah lama bekerja sama dengan Microsoft, Google dan Kemenkominfo sebagai desakan kebutuhan pemasaran baru.

‘’Pokoknya bagaimana agar perempuan bisa mandiri secara ekonomi. Sekarang ini fokus kita milenial. Pengusaha difabel juga mulai dilibatkan,’’ ujar Nita.

Iwapi Fair Trade berlangsung dua hari hingga 3 Oktober diikuti 70 pengusaha lokal. Diharapkan, gelaran pameran kedua ini akan lebih meningkat penjualannya dari yang pertama sebesar Rp1,3 miliar. (r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional