Kuasa Hukum dan Dokter Bungkam Soal Kondisi Ginjal Rabitah

Mataram (suarantb.com) – Meski operasi pengangkatan selang yang bersarang dalam tubuh TKW asal KLU, Sri Rabitah sukses dilakukan. Namun hingga hari ini, kepastian informasi kondisi ginjalnya masih belum jelas. Tim kuasa hukum maupun pihak RS masih bungkam perihal tersebut.

“Sekarang sedang proses pemulihan, tapi saya tidak punya kompeten menjelaskan soal ginjal itu, itu urusan dokter,” ujar tim kuasa hukum Rabitah, Endang Susilowati, Minggu kemarin, 5 Maret 2017.

Iklan

Endang hanya menegaskan bahwa selang yang menjadi sumber penyakit dalam tubuh Rabitah telah diangkat. “Yang jelas sekarang selang dari tubuhnya itu udah diangkat,” lanjutnya.

Pihak RS Biomedika Mataram selaku pihak yang menangani proses operasi Rabitah juga menolak memberikan keterangan. Sebab itu menjadi rahasia pasien yang harus dijaga oleh RS.

“Kita terbatas memberi penjelasan, karena itu termasuk dalam rahasia kedokteran. Biar pihak Rabitah yang menyampaikan,” jelas Direktur RS Biomedika Mataram, dr Stephanus Gunawan, Senin, 6 Maret 2017.

Menurut Gunawan, RS harus menjaga kerahasiaan informasi pasien. Terutama terkait penyakit yang diderita serta penindakan yang dilakukan RS tidak bisa dibeberkan seenaknya.

“Kalau memang ingin disampaikan, harus ada persetujuan tertulis dari pihak pasien. Baru bisa disampaikan,”imbuhnya.

Dalam pertemuan dengan awak media tadi siang, Gunawan hanya membenarkan bahwa Rabitah menjalani operasi pengangkatan selang di sana. Rabitah datang ke RS ini Rabu siang, 1 Maret 2017 dan langsung menjalani operasi keesokan harinya, Kamis, 2 Maret 2017.

Sebelumnya, pihak RSUD NTB pada Selasa, 28 Februari menegaskan dua ginjal Rabitah masih utuh. Tidak ada ginjal yang hilang, hanya saja memang terdapat selang di salah satu ginjal Rabitah yang harus segera diangkat.

Untuk memastikan pernyataan inilah, suarantb.com mencoba mendapatkan informasi dari tim kuasa hukum maupun pihak RS Biomedika. Sayangnya, belum ada yang bersedia memberikan keterangan resmi. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here