KSB Usulkan 703 Formasi Pegawai

Abdul Malik Nurdin. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB)  – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengusulkan sebanyak 703 formasi untuk memenuhi kebutuhan pegawainya pada tahum 2021 ini.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Peningkatan Sumber Daya Manusian (BKPSDM) setempat, usulan formasi sebanyak itu dibagi disiapkan melalui dua jalur penerimaan baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Iklan

Pada fornasi PNS, dalam usulannya Pemda KSB merinci kebutuhannya sebanyak 242 pegawai. Terdiri dari tenaga teknis dan tenaga kesehatan. Sementara pada formasi PPPK, diusulkan 370 tenaga guru jenjang TK hingga SMP dan sisanya sebangak 91 kuota tenaga non guru berupa pegawai kesehatan dan tenaga teknis.

Kepala BKPSDM KSB, H. Abdul Malik Nurdin menjelaskan, pada tahun ini tambahan pegawai paling banyak dibutuhkan adalah tenaga guru. Mengingat jumlah tenaga pengajar itu hampir setiap tahun banyak yang memasuki purna tugas. “Setiap tahun rata-rata guru yang pensiun jumlahnya di atas 10 orang,” sebutnya.

Terdapat perubahan kebijakan rekrutmen tenaga guru. Di mana sesuai kebijakan pusat, guru akan direkrut melalui skema penerimaan PPPK dan bukan lagi sebagai PNS. Menurut H. Malik, pemerintah daerah tidak mempersoalkannya dan sebaliknya sangat menguntungkan.

Dengan skema itu jelasnya, putra daerah memiliki kesempatan besar mengisi formasi tenaga pegawai yang dibutuhkan daerah. “Karena (PPPK) sistemnya kontrak. Nanti kita buat per tahun. Jadi pasti orang (pelamar) luar mikir-mikir mendaftar. Nah ini jadi kesempatan emas putra daerah,” timpalnya seraya memanbahkan KSB selama ini surplus tenaga calon guru.

“Kami sudah melakukan kajian melihat potensi guru untuk jenjang TK sampai SMP. Anak-anak kita banyak tamatan guru. Makanya waktu penerimaan CPNS 2018 lalu kita syaratkan pelamar lokal untuk formasi guru dengan harapan putra daerah punya kesempatan luas mengisinya,” imbuh H. Malik.(bug)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional