KSB Upayakan Festival Taliwang Tetap Masuk CoE

Pertunjukan tari kolosal yang sedianya disiapkan KSB pada ajang Festival Taliwang untuk CoE tahun 2020 ini. Tarian yang mengkolaborasikan banyak tarian tradisional ini sudah pernah dipertunjukkan di puncak Harlah KSB ke-16 tahun 2019 lalu.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Setelah gagal dilaksanakan pada tahun 2020 ini akibat pandemi Covid-19, Festival Taliwang diupayakan agar tetap masuk dalam agenda Callendar of Event (CoE) pada tahun berikutnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), IGB. Sumbawanto mengatakan, pihaknya telah bersurat ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf). Dalam suratnya, dinas meminta kepada kementerian agar pada agenda CoE pasca pandemi Covid-19, Festival Taliwang tetap masuk ke jajaran menu kegiatan program promosi pariwisata nasional itu. “Sudah kita bermohon ke kementerian agar tetap masuk dalam agenda CoE berikutnya. Kan tahun ini gagal dilaksanakan karena Covid-19,” katanya kepada Suara NTB.

Iklan

Sebagai event nasional, kegiatan CoE sangat penting bagi pariwisata KSB. Menurut Sumbawanto, sebagai ajang promosi pariwisata terakbar tiap tahunnya CoE sudah pasti memiliki akses luas. Tidak saja dalam negeri tetapi juga gaungnya bisa sampai internasional. “Ajang itu kesempatan terbaik kita mengekspose semua potensi pariwisata yang kita miliki,” timpalnya.

Selama ini diakuinya potensi wisata yang dimiliki KSB masih minim promosi. Kemampuan anggaran pemerintah yang terbatas serta akses yang minim membuat upaya untuk mempromosikan secara berkelanjutan tidak dapat maksimal. “Kita juga masih banyak fokus dalam proses penataan,” urainya.

Meski demikian, Sumbawanto menyatakan, secara potensi, pariwisata KSB tidak kalah dari daerah lain. Mulai dari panorama, kekayaan budaya dan kuliner, ia meyakini dapat membuat betah wisatawan untuk datang berkunjung. “Terbilang lengkap lah potensi wisata kita. Contohnya wisata pantai dengan minat khusus. Beberapa pantai kita ombaknya bagus untuk berselancar,” klaimnya.(bug)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional