KSB Siapkan Rp 10 Miliar untuk Seragam Sekolah Gratis

Taliwang (Suara NTB) – Tahun 2017 mendatang pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memastikan akan melaksanakan program baju seragam sekolah gratis. Untuk itu pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 miliar di APBD 2017.

“Untuk anggarannya kami sudah siapkan di APBD murni,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) KSB, Drs. Mukhlis, M.Si kepada media ini, Jumat, 18 November 2016.

Iklan

Anggaran tersebut untuk membiayai pengadaan baju dua angkatan tahun pelajaran. Menurut Mukhlis, pengadaan seragam gratis bagi siswa baru tahun pelajaran 2016/2017 yang diputuskan ditunda pada tahun ini akan dikerjakan awal tahun 2017. Sementara untuk siswa angkatan tahun pelajaran 2017/2018 akan diadakan pada pertengahan tahun menunggu hasil kegiatan penerimaan peserta didik baru (PPDB). “Jadi yang Rp 10 miliar itu termasuk pengadaan tahun ini. Karena yang tahun ini kan sudah kita putuskan untuk ditunda dulu, bukan dibatalkan,” cetus Mukhlis.

Diakuinya keputusan penundaan pelaksanaan program baju seragam sekolah gratis tahun ini dikarenakan hal teknis. Untuk proses pengadaannya, Mukhlis menjelaskan, pemerintah tetap akan melibatkan penjahit lokal. Caranya, rekanan pengada selaku pemenang tender akan merangkul para penjahit lokal untuk menjahit puluhan ribu seragam sekolah bagi siswa baru itu. “Prosesnya rekanan membeli bahan kainnya kemudian pembuatannya (proses jahit) dilibatkan penjahit lokal,” urainya seraya menambahkan pemerintah pihaknya telah mengkoordinir para penjahit lokal untuk persiapan kegiatan pengadaan seragam gratis itu.

“Jumlah penjahit lokal kita banyak. Nanti perusahaan melalui koordinasi tiap kecamatan akan berhubungan langsung dengan para penjahit untuk membuat baju seragam itu. Dan waktunya tidak akan lama, karena penjahit lokal kita banyak kok jumlahnya,” klaim Mukhlis.

 “Per siswa mulai TK hingga SMA/sederajat akan mendapatkan pakaian dua seragam,” pungkasnya. (bug)

  Defisit Hingga Rp100 Miliar, KSB Wacanakan Efisiensi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here