KSB Lakukan Rapid Antigen di Pelabuhan Poto Tano

Petugas kesehatan melakukan rapid antigen terhadap penumpang yang berada di Pelabuhan Poto Tano, Rabu kemarin. (Suara NTB/ils)

Taliwang (Suara NTB) – Dinas Kesehatan (Dikes) bersama aparat (TNI dan Polri) melakukan rapid antigen terhadap sejumlah penumpang yang masuk melalui Pelabuhan  Poto Tano. Hal itu dilakukan untuk menekan angka penyebaran  Covid-19 pasca lebaran serta memastikan masyarakat tidak terpapar virus Corona.

‘’Mulai hari ini (kemarin, red) kita lakukan pengambilan sample rapid antigen bagi para penumpang yang melintas di Pelabuhan Poto Tano sebagai langkah antisipasi meningkatnya penyebaran Covid-19,’’ ujar Kadikes KSB, H. Tuwuh S. Ap kepada Suara NTB, Rabu, 19 Mei 2021. Jika ada penumpang yang hasil test rapidnya reaktif maka akan langsung ditangani.

Iklan

Dikatakannya, meskipun hanya bersifat pengambilan sample, tapi dengan pola demikian diyakini bisa memberikan gambaran untuk pencegahan virus tersebut. Karena jika seluruh penumpang dirapid antigen, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga mengakibatkan terjadi penumpukan kendaraan yang lebih parah. Bahkan pengambilan sample ini tidak hanya bagi masyarakat yang menuju ke Pulau Lombok tetapi masyakarat yang masuk ke Pulau Sumbawa juga dilakukan hal yang sama. ‘’Jika ada yang reaktif maka kita langsung sikapi. Jika masyarakat kita (KSB) reaktif maka bisa langsung dilakukan tracing kontak ke keluarganya,’’ jelasnya.

Selain melakukan rapid antigen, pihaknya juga mengimbau kepada para penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun terutama dalam pelayaran nantinya. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Apalagi saat ini penumpukan kendaraan masih terjadi sehingga penerapan protokol kesehatan yang ketat harus dilakukan.

Pihaknya bersama TNI dan Polri juga akan tetap intens memantau kondisi terkini di Pelabuhan Poto Tano dengan harapan tidak ada masyarakat yang abai. “Penerapan Prokes harus tetap dikedepankan untuk menekan penyebaran virus tersebut dan kami tetap akan melakukan pemantauan secara intensif,’’ katanya. (ils)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional